Kasiono Oe Sungai Episodik, Muna Barat

0 55

Kasiono Oe

Kasiono Oe merupakan sungai episodik di Kabupaten Muna Barat. Sungai yang terletak di Kelurahan Lapadaku, Kecamatan Lawa ini akan mengering saat musim kemarau dan meluap saat musim hujan. Dimusim kemarau, air sungai Kasiono Oe hanya terdapat pada mata airnya saja, sementara muara sungai mengering menjadi daratan.

Saat musim hujan, debit air sungai Kasiono Oe meluap dan luasan (muara) sungai bisa mecapai belasan hektar. Pada saat terjadi hujan berkepanjangan seperti musim Timur, air sungai Kasiono Oe meluap dan meluber hingga ke daerah sekitarnya, yakni Desa Watumela dan Desa Latugho, Kecamatan Lawa. Keterangan sejumlah sumber di Muna Barat, Sungai Kasiono Oe awalnya (pada zaman dahulu) merupakan sungai besar di Ghoera Lawa.

Terdapat tiga mata air, yang menjadi sumber air Sungai Kasiono Oe yakni mata air Soni, Mata air Liano Ghule (sering ditemukan ular), dan mata air Mata. Ketiga mata air yang menjadi sumber air Sungai

Kasione Oe tersebut letaknya saling berdekatan. Ketiga mata air tersebut (pada zaman dahulu), merupakan tempat mengambil air baku untuk kebutuhan hidup masyarakat.

Dizaman (sekarang), hanya segelintir orang saja yang masih mengambil air baku untuk kebutuhan hidup. Mereka yang masih mengambil air di tiga mata air tersebut adalah warga yang berkebun dan bercocok tanam di sekitar mata air Soni, mata air Liano Ghule dan mata air Mata. Seiring perjalanan waktu dan bertambahnya jumlah populasi manusia,

Serta terjadinya perambahan kawasan hutan di sekitar Sungai Kasiono Oe, maka saat ini Sungai Kasiono Oe menjadi sungai episodik yang meluap saat musim hujan dan mengering saat musim kemarau. Penamaan Kasiono Oe sendiri didasarkan pada kondisi sungai yang mengering saat musim kemarau. Kasiono Oe merupakan Bahasa Daerah Muna yang maknanya adalah tempat yang ditinggalkan oleh air, atau dapat juga dimaknai sebagai sungai yang mengering.

Source https://formuna.wordpress.com https://formuna.wordpress.com/2018/07/08/kasiono-oe-sungai-episodik-di-muna-barat/
Comments
Loading...