Kampung Topeng Malangan, Kota Malang

0 63

Kampung Topeng Malangan

Kampung wisata topeng malangan di kampung Desaku Menanti, Dusun Baran, Kecamatan Kedung Kandang, Kota Malang merupakan wisata yang didirikan oleh Dinas Sosial Kota malang untuk menampung para gelandangan dan orang-orang miskin.

Kampung yang saat ini menjadi tempat wisata tersebut telah dihuni sekitar 36 kepala keluarga, dan semua penghuninya merupakan gelandangan beserta orang-orang miskin yang tidak mempunyai rumah. Hadi yang saat ini merupakan koordinator desa menjelaskan jika mereka diberi rumah oleh Dinas Sosial agar tidak bergelandang di jalanan.

Topeng-topeng yang ada di desa tersebut merupakan topeng malangan yang beberapa di antaranya dibuat oleh orang-orang desa. Topeng malangan sendiri merupakan topeng yang menjadi ciri khas kota Malang. Lebih dari 100 topeng malangan terpajang di kampung Desaku Menanti. Hal tersebut mampu menggaet para wisatawan untuk berkunjung. Banyak dari mereka menjadikan Kampung topeng sebagai spot foto yang menarik.

Wisata Kampung Topeng sendiri didirikan sejak 14 Februari 2017 dan sudah setahun lebih beroperasi. Hadi mengaku jika banyak wisatawan yang datang, terhitung sekitar 300-an pengunjung datang per harinya. Wisatawan tersebut nyatanya tidak hanya dari Kota Malang saja, melainkan dari berbagai daerah bahkan sampai ke mancanegara.

Dibuka dari jam 7-4 sore, Kampung Topeng menarik tiket seharga 5 ribu rupiah per orangnya. Selain itu, Kampung Topeng sendiri menyediakan Flying fox untuk pengunjung yang dibandrol dengan harga 15 ribu termasuk tiket masuk. Tempat wisata tersebut juga terdiri dari gantungan payung dengan tangga berwarna warni, cocok untuk dijadikan spot foto (instagramable) oleh pengunjungAda juga area bermain, spot foto topeng malangan dan juga tempat untuk bersantai.

Selain itu, Kampung Topeng juga dipenuhi banyak pohon serta udaranya sejuk karena Desaku Menanti terletak di daerah pegunungan. Tempat wisata dengan luas sekitar 1 hektar tersebut juga menyediakan toilet umum, tempat ibadah bagi muslim, juga beberapa warung yang berjualan aneka macam makanan.

Jadi, Tidak perlu ragu untuk berkunjung ke Kampung Topeng, selain akses jalan yang sudah bagus, tempat wisata tersebut juga bersih karena warga rajin merawat area wisata.

Dibantu oleh Dinas Sosial, Desaku Menanti mampu mengelola Kampung Topeng dengan sangat baik, dan untuk kedepannya, Hadi berencana untuk mengusulkan pembuatan kolam renang untuk anak-anak agar menambah wisatawan datang berkunjung.

Source https://www.bangsaonline.com https://www.bangsaonline.com/berita/43382/%E2%80%8Bkampung-topeng-malangan-karya-anak-gelandangan-yang-jadi-destinasi-wisata
Comments
Loading...