Warning: unlink(/tmp/85cfc6e4a03bcd16c625ba7d56e4ea2e-CBlN0E.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Kampung Naga Tasikmalaya Jawa Barat

0 185

Kampung Naga

Kampung Naga merupakan suatu perkampungan yang dihuni oleh sekelompok masyarakat yang sangat kuat dalam memegang adat istiadat peninggalan leluhurnya, dalam hal ini adalah adat Sunda. Seperti permukiman Badui, Kampung Naga menjadi objek kajian antropologi mengenai kehidupan masyarakat pedesaan Sunda pada masa peralihan dari pengaruh Hindu menuju pengaruh Islam di Jawa Barat.

Masyarakatnya masih memegang kuat adat istiadat yang diwariskan oleh leluhur mereka dimana mereka hidup dalam tatanan yang diliputi suasana kesahajaan dan lingkungan kearifan tradisional yang lekat Karena keunikannya kampung ini kerap dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanagara, serta dijadikan sebagai tempat studi tentang kehidupan masyarakat pedesaan Sunda pada masa peralihan dari pengaruh Hindu menuju pengaruh Islam di Jawa Barat.

Lokasi Kampung Naga

Kampung Naga terletak pada sebuah lembah yang subur seluas kurang lebih 1,5 hektar. Topografinya berbukit dan sebagian besar digunakan untuk perumahan, pekarangan dan kolam. Selebihnya digunakan untuk  lahan pertanian berupa sawah yang dapat dipanen 2 kali dalam setahun. Di sebelah barat Kampung Naga dibatasi oleh hutan keramat, sebelah selatan dibatasi oleh sawah-sawah penduduk serta di sebelah utara dan timur dibatasi oleh sungai Ciwulan yang sumber airnya berasal dari gunung Cikuray, Garut. Secara administratif, kampung ini berada di wilayah Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Lokasi kampung tidak jauh dari jalan raya yang menghubungkan kota Garut dengan kota Tasikmalaya.

Akses Menuju Kampung Naga

Dari kota Tasikmalaya kampung ini berjarak sekitar 30 kilometer, sedangkan dari kota Garut sekitar 26 kilometer atau kira-kira bisa ditempuh kira-kira kurang dalam satu jam. Patokannya adalah koordinat S7.36440 E107.99470. Untuk memudahkan, kita bisa menggunakan google map sebagai berikut: Bila menggunakan kendaraan pribadi, dari Jakarta rutenya adalah Tol Jakarta – Cikampek -> Tol Purbaleunyi -> Gerbang Tol Cileunyi -> Nagreg -> arah Garut Kota -> Cilawu -> Lokasi Kampung Naga. Sedang dari Bandung mengambil rute Cileunyi -> Rancaekek -> Nagreg -> Leles dan Garut Kota -> Cilawu -> Lokasi Kampung Naga.

Apabila menggunakan kendaraan umum, dari Jakarta naik bus jurusan Kampung Rambutan – Garut – Singaparna turunkan di Lokasi Kampung Naga. Sedang dari Bandung menggunaka bus jurusan Bandunng – Garut – Tasikmalaya (Singaparna) di terminal Cicaheum, lalu berhenti di Kampung Naga. Bila telah sampai, dari pinggir jalan raya Garut-Tasikmalaya (tempat parkir) untuk menuju kampung kita harus menuruni tangga (sunda: sengked) yang sudah ditembok sampai ke tepi sungai Ciwulan sejauh 500 meter dengan kemiringan sekitar 45 derajat.

Source Jalan Wisata alampirang
Comments
Loading...