Kampung Jong Dobo, di Kabupaten Sikka

0 7

Kampung Jong Dobo

Kampung Dobo yeng terletak pada ketinggian sekitar 500 meter diatas permukaan laut, kurang lebih satu jam perjalan dari Kota Maumere kearah Timur. Nama lengkap kampung ini adalah Dobo Dora Nata Wulu yang artinya puncak Dobo kampung pertama.

Kampung ini adalah bagian dari Desa Ian Tena, Kecamatan Kewapante, Kabupaten Sikka. Di kampung ini tersimpan sebuah artefak, yang diberi nama sama dengan kampung itu yaitu JONG DOBO. Jong adalah kata bahasa Sikka untuk Perahu atau Kapal. Miniature perahu itu terbuat dari perunggu.

Ukuran miniature adalah panjang 60 cm, tinggi 12 cm, dan lebar bagian tengah 8 cm. detil lainnya adalah awak kapal dalam bentuk patung sebanyak 22 orang. Selain artefak perahu mini, dikampung ini terdapat juga peralatan megalithis yaitu watu mahe.

Watu mahe adalah batu yang berbentuk dolmen dan menhir yang dipasang di tengah kampung. Latar belakang warisan megalithik ini mempunyai kaitan dengan upacara penyembahan leluhur dan penguburan. Saat ini perahu mini tersebut di simpan oleh ahli warisnya di Dobo.

Terletak di Desa Dobo yang terletak di ketinggian bukit dan berjarak kurang lebih 12 km dari Maumere. Akses transportasi menuju lokasi cukup baik dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Akt­iv­itas

Untuk me­ne­lus­uri Desa Jong Dobo mem­bu­tuhkan waktu 1-2 jam per­jalanan dengan meng­gun­akan mobil dari Kota Maumere ke arah timur Maumere, kar­ena le­taknya Desa Jong Dobo 12 Km dari kota Maumere dan Desa Jong Dobo be­rada di ket­ing­gian pun­cak 810 meter dari atas per­mukaan laut dengan luas areanya 360 ha.

Ako­mo­dasi

Anda tidak dapat men­ginap kar­ena di sekitar Desa Jong Dobo tidak ter­dapat pen­ginapan, jadi para pen­gun­jung bisa kem­bali Kota maumere dan sekitar Desa Jong Dobo ter­dapat rumah-rumah pen­du­duk.

Ku­liner

Di sekitar Desa Jong Dobo tidak ter­dapat restoran/rumah makan, jadi para pen­gujung bisa kem­bali ke Kota maumere untuk men­cari makan.

Trans­portasi

Bagi pen­gun­jung ke Desa Jong Dobo bisa meng­gun­akan kendaraan sendiri atau carter mobil ke Desa Jong Dob

Source http://wisata.nttprov.go.idhttp://wisata.nttprov.go.id http://wisata.nttprov.go.id/index.php/2014-01-20-04-43-22/2014-01-20-07-39-48/sikka/253-kampung-jong-dobo
Comments
Loading...