Kampung Hijau Cangkringsari Sukoharjo

0 83

Kampung Hijau Cangkringsari

Desa Mulur kini terus berbenah dalam pembangunan dan meningkatkan potensinya. Salah satunya adalah Kampung (Dukuh) Cangkringsari RT 01 RW 05 yang berada di sebelah barat dari Balai Desa Mulur. Di Kampung Cangkringsari ini telah berdiri Kelompok Wanita Tani Anggrek yang berada dibawah pengawasan dan pembinaan oleh Dinas Pangan Kabupaten Sukoharjo. Menurut Ibu Sisri yang menjadi ketua Kelompok Wanita Tani Anggrek pengembangan Cangkringsari sebagai Kampung Hijau sebagai langkah pemanfaatan lahan sempit untuk bercocok tanam sayur-sayuran sebagai salah satu penambah asupan gizi keluarga.

Awalnya ide pemanfaatan lahan untuk menajdi lahan sayuran sebagai bentuk kepedulian ibu-ibu terhadap para generasi penerus supaya asupan gizinya terus tercukupi. Selain itu Kelompok Wanita Tani Anggrek ini juga mendirikan Bank Sampah yang dibuka setiap hari Jum’at sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan mengatasi masalah sampah yang kini sudah menjadi penyebab berbagai masalah dalam kehidupan masayarakat. Bank Sampah ini nantinya sebagai tabungan selama 1 tahun dan akan diambil setiap Lebaran sebagai cadangan keuangan warga Kampung Hijau khususnya para ibu-ibu sebagai pengelola keuangan keluarga.

Hasil gambar untuk Kampung Hijau Cangkringsari Sukoharjo

Dalam perkembangannya langkah ini terus berkembang dan malah berhasil menjadi percontohan bagi daerah lainnya. Prestasi sebagai Juara 1 Kampung Hijau tingkat Kabupaten Sukoharjo merupakan salah satu bukti keberhasilan pengembangan program ini dan bahkan bersiap sebagai wakil Kabupten Sukoharjo untuk mengikuti lomba serupa di Tingkat Propinsi Jawa Tengah. Sebagai suply tanaman sayuran juga didirikan pusat pembibitan sayur mulai dari Cabe, Terong, Selada, Tomat dan sayuran lainnya yang berada di samping Masjid Cangkringsari.

Source http://wadukmulur.blogspot.com http://wadukmulur.blogspot.com/search/label/Kampung%20Hijau%20Cangkringsari%20Mulur
Comments
Loading...