Warning: unlink(/tmp/85cfc6e4a03bcd16c625ba7d56e4ea2e-i7VRuq.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Kampung Cina Manado, Wisata Religi di Kota Manado

0 16

Kampung Cina Manado

Kampung itu adalah Kampung Cina Manado. Banyak keunikan yang ada di dalam kampung, tak hanya bangunannay saja tapi yang lainnya. Mengapa dinamakan Kampung Cina karena kebanyakan orang yang bermukim di kampung tersebut adalah keturunan etnis Tionghoa. Dahulu kala tempat ini dibangun oleh Belanda sebagai tempat tinggal para tukang yang berasal dari Negara Cina. Jadi nggak heran bila nuansa Tionghoa sangat kental di kampung ini.

Manado yang bertranformasi menjadi sebuah kota dan Kampung Cina Manado seiring waktu menjelma sebagai pusat perdagangan dan tetap eksis sampai sekarang walaupun pusat perbelanjaan lainnya sudah berkembang pesat di kota tersebut. Uniknya, kampung yang tak sepi pengunjung yang sedang melakukan transaksi penjualan ini masih mempertahankan bangunan tuanya. Bahkan sudah terlihat sangat tua yang umumnya merupakan peninggalan dari kolonial Belanda.

Sebagian besar pemilik bangunan tua itu menjadikannya sebagai tempat pencari nafkah seperti toko. Kamu yang akan berkunjung ke Kampung Cina di Kota Manado akan menyaksikan arsitektur asli yang masih dipertahankan sampai sekarang. Dan pemandangan unik itu hanya ada di Manado saja.

Kampung Cina Manado Ramai Dikunjungi Wisatawan Asing dan Lokal

Mobil-mobil yang terparkir di sekitar Kampung Cina di Manado tampak banyak bahkan kalau tidak cepat-cepat akan susah mencari tempat parkir. Kampung ini cuma andalkan Cap Go Meh untuk menarik wisatawan. Bahkan setiap Cap Go Meh datang banyak wisatawan lokal sampai mancanegara datang untuk meramaikan suasana.

Sayangnya pemerintah setempat sepertinya kurang perhatian terhadap Kampung Cina Manado. Padahal, jika pemerintah mau dan bersedia bekerja sama dengan warga kampung, pastilah kampung ini memiliki fasilitas yang lebih. Bisa jadi kampung ini dijadikan ikon kota atau tempat wisata unggulan maupun alternatif saat berlibur di Kota Manado.

Berlatih Ilmu Beladiri di Kampung Cina Manado

Di Kampung Cina Manado juga terkenal dengan aliran beladirinya. Identitas ini hampir punah karena tidak dilestarikan dan dikelola dengan baik. Padahal jika beladiri ini banyak yang menguasainya, maka akan meramaikan beladiri di Indonesia.

Beberapa perguruan lahir di Kampung Cina Manado seperti Perguruan Naga Hijau, Lo Pa Kong, Naga Kuning, Sakura Yudo Kwan, PORBISI Garuda Putih dan lain sebagainya. Meski bakal butuh waktu lama untuk bisa seahli sosok seperti Jet Lee ataupun Jackie Chan, namun kamu bisa sedikit mengetahui seluk beluk ilmu beladiri Cina di sini.

Lokasi Kampung Cina Manado

Kalau kamu ingin berkeliling di Kampung Cina Manado dan melihat keunikan arsitektur dari kampung tersebut, kamu bisa mengunjunginya dengan gampang karena akses menuju kesana cukup mudah. Kamu datanglah ke Pasar 45, dari pasar tersebut tanyalah pada warga di sana.

Tak perlu sungkan karena malu bertanya sesat di jalan dan selain itu, warga Manado cukup ramah. Semua orang yang di sana pasti tahu tentang Kampung Cina Manado. Selain arsitekturnya yang indah, tempat itu juga terkenal dengan memiliki satu toko yang berisi ramuan obat-obatan tradisional Cina.

Source https://www.lihat.co.id https://www.lihat.co.id/wisata/kampung-cina-manado.html
Comments
Loading...