Kampung Bondo Kapumbu Pulau Sumba

0 50

Kampung Bondo Kapumbu

Kampung adat ini memiliki keunikan dimana terdapat pelataran batu berukuran 10 x 10 m2 terletak di tengah kampung yang berfungsi sebagai mesbah tempat berlangsungnya ritual adat Marapu yang dilakukan oleh para rato (imam) adat. Masyarakat di kampung ini masih mempertahankan tradisi adat istiadat masa lalu yang dilakukan secara turun temurun dari jaman nenek moyang, sehingga sampai saat ini masih dapat di jumpai nama – nama suku yang mendiami kampung ini dengan status dan kedudukannya di dalam kampung.

Kampung adat ini terletak di perbukitan yang menyajikan pemandangan alam yang bebas dan sejauh mata memandang. Rumah adat (Uma Kalada) yang ada di kampung ini berjumlah 19 buah dan terdapat 135 kubur batu tua dengan berbagai ukuran, benda – benda kuno peninggalan nenek moyang juga masih tersimpan di kampung ini seperti Tempayan botol, Senapan dari jaman dahulu, Mamoli dan masih banyak lagi yang lainnya.

Aktivitas di Kampung Bondo Kapumbu

Di kampung ini wisatawan dapat melakukan kegiatan memotret pemandangan alam yang eksotik dari atas ketinggian di perbukitan. Informasi dapat menghubungi dinas pariwisata Sumba Barat Daya lewat e-mail: [email protected] atau menghubungi juru pelihara situs, ibu Yoli Milla lewat telephone seluler: (081 353 994 486).

Akomodasi di Kampung Bondo Kapumbu

Karena situs ini berada tidak jauh dari kota tambolaka, maka untuk penginapan dan restoran bisa diperoleh di kota Tambolaka yang berjarak 9 km ke lokasi situs.

Transportasi di Kampung Bondo Kapumbu

Jarak dari kota Tambolaka ke lokasi situs 9 km dan dapat ditempuh dalam waktu 15 menit. Kondisi jalan beraspal dan sekitar 500 meter jalan pengerasan menuju kampung, namun kondisinya masih baik dan dapat dilalui berbagai jenis kendaraan. Untuk mencapai kampung ini sangat mudah karena dekat dengan kota Tambolaka, dari kota Tambolaka anda dapat menyewa jasa travel, ojek atau menggunakan bemo angkutan kota yang beroperasi setiap hari.

Source http://kartikacandra.com http://kartikacandra.com/wisata-tambolaka/
Comments
Loading...