Kampung Bekelir : Destinasi Wisata Warna Tangerang

0 107

Kampung Bekelir

Wisata tematik yang mengusung warna sepertinya memang sedang digandrungi banyak orang. Setelah Kampung Warna di Malang sukses diminati banyak orang, muncul kampung serupa di belahan Nusantara yang lain. Di Tangerang juga ada kampung yang mengusung warna-warni yang apik yang diberi nama Kampung Bekelir atau ada yang menyebutnya sebagai Kampung Berkelir.

   

Kampung Kumuh yang Disulap Jadi Cantik

Kampung Bekelir berada di lingkungan RW 01, Kelurahan Babakan, Tangerang. Sudah diresmikan pada Minggu yang lalu. Sebelum cantik, kampung tersebut ternyata merupakan salah satu kawasan kumuh yang berada di sekitaran DKI Jakarta. Ironis memang, masih ada kampung yang berdekatan dengan Jakarta yang memiliki kondisi yang memprihatinkan. Banyak masyarakat membuang sampah tidak pada tempatnya, misalnya saja ke bantaran Sungai Cisadane.

Tapi, perlahan-lahan potret muram dari lingkungan Kelurahan Babakan ini berubah setelah dirias dengan warna warni yang cantik. Anggapan Kampung Babakan yang kotor, kumuh dan menjenuhkan perlahan-lahan berubah menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi.

Jadi Destinasi Wisata yang Mendunia

Dinding, atap dan lingkungan sekitar dipoles sedemikian rupa dengan warna warni yang cantik. Bahkan berbagai gambar cantik juga menghiasi Kampung Bekelir. Setelah cantik seperti sekarang ini, Kampung Babakan berubah menjadi kampung penuh warna yang memiliki panorama cantik, tak ada sampah dan jadi destinasi wisata. Tak hanya wisatawan lokal saja, ada banyak juga turis asing yang sengaja datang hanya untuk membidik keindahan dari destinasi wisata baru di Tangerang itu.

Karena banyaknya wisatawan yang datang, warga juga semakin sadar untuk mencintai lingkungan mereka sendiri. Sekarang sudah mulai merawat lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Masyarakat setempat bergotong royong untuk menjadikan kampungnya sebagai destinasi wisata untuk menghidupkan roda perekonomian dan kesejahteraan masyakarakat.

Kampung Bekelir Merupakan Ide dari Masyarakat Setempat

Ternyata, pembuatan Kampung Bekelir itu adalah inisiatif dari masyarakat sendiri. Dan didukung oleh para seniman dan budayawan. Memang pembuatan Kampung Bekelir itu tujuannya adalah mengubah pola hidup masyarakat yang kumuh, dengan konsep yang cantik. Pembuat mural juga datang dari berbagai tempat, dari lokal maupun luar negeri seperti Thailand.

Mural yang dibuat itu bukan sembarangan, ada arti filosofis budaya tergambar di dalamnya. Semakin ke sini, wisatawan yang datang makin beragam. Mulai dari para millenials pemburu spot foto kece sampai turis asing. Tentu saja ini menjadi potensi wisata tersendiri yang perlu untuk semakin dikembangkan lagi.

Source https://travelingyuk.com https://travelingyuk.com/kampung-bekelir-di-tangerang/89651/
Comments
Loading...