Kampung adat Koanara Moni, Pulau Flores

0 6

Kampung Adat Koanara Moni

Kampung adat Koanara Moni berada dalam wilayah administrasi Kecamatan Kelimutu, Kota Ende, Flores yang merupakan kecamatan pemekaran dari kecamatan wolowaru dan terletak di kaki gunung kelimutu. Desa koanara sejak berpuluh tahun telah menjadi tempat persinggahan bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Rumah adat koanara mempunyai bentuk yang unik, juga menarik untuk diamati, terutama atapnya yang sampai menyentuh tanah, atap tersebut terbuat dari ilalang. Jika dilihat secara detail kita bisa menemukan tiga jenis rumah yang berbeda yaitu rumah baku, rumah tinggal, dan lumbung padi.

Rumah baku adalah rumah yang digunakan untuk menyimpan tulang-belulang milik para leluhur, rumah lumbung padi adalah tempat penyimpanan hasil panen sawah, rumah tinggal adalah rumah yang dapat di tempati, dengan lambang kepala kerbau yang terdapat di depan pintu rumah.

Source http://www.wisata.nttprov.go.id http://www.wisata.nttprov.go.id/index.php/2014-01-20-04-43-22/2014-01-20-07-39-48/ende/270-kampung-adat-koanara
Comments
Loading...