Jembatan Tayan Pesona Wisata Baru di Kalimantan Barat

0 10

Jembatan Tayan

Jembatan TayanKabupaten Sanggau menjadi magnet bagi wisatawan. Libur panjang akhir pekan dimanfaatkan warga Kota Pontianak dan sekitarnya untuk berkunjung ke jembatan terpanjang di Kalimantan ini. Jembatan Tayan adalah sebuah jembatan yang melintang di atas Sungai Kapuas, tepatnya di KawatTayan HilirKabupaten SanggauKalimantan BaratJembatan Tayan Pontianak ini adalah jembatan terpanjang nomor dua di Indonesia setelah Jembatan Surabaya – Madura (Jembatan Suramadu).

  

Jembatan Tayan Kalimantan Barat mempunyai panjang sekitar 280 meter + 1.140 meter dan lebar 11,5 meter. Di bangun 12 September 2012 yang lalu dan baru di resmikan presiden Ir.Joko Widodo 22 Maret 2016. Bentangan pertama jembatan dari arah Kota Tayan menuju Pulau Tayan. Sedangkan bentangan kedua adalah jembatan dari arah Pulau Tayan menuju Desa Piasak. Awalnya jembatan ini  diberi nama Jembatan Kapuas Tayan, namun atas Saran Cornelis, Gubernur Kalimantan Barat, Jembatan ini dinamakan dengan Jembatan Pak Kasih. Pemilihan nama Pak Kasih dimaksudkan untuk memberikan penghormatan kepada Pak Kasih, salah satu Pahlawan yang berasal dari Sidas, yang ikut serta dalam memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Karena masih baru Jembatan Tayan banyak mengundang  penasaran bagi masyarakat karena merupakan jembatan terpanjang saat ini untuk Kalimantan. Sedikit berbeda dari fungsi jembatan pada umumnya, Selain fungsi utama untuk menghubungkan daerah yang di pisahkan dengan sungai kapuas, Jembatan Tayan telah menjadi sebuah destinasi yang ramai dikunjungi wisatawan, hal ini tidak terlepas dari suasana dan keindahan alamnya.

Kedatangan wisatawan lokal ini dimanfaat warga sekitar. Mereka dadakan membuat lapak-lapak untuk berjualan minuman dan makanan ringan. Warga juga menyiapkan speedboad bagi mereka yang ingin melihat jembatan dari arah Sungai Kapuas. Mereka mengenakan tarif Rp10 ribu per orang. Atau bisa carter speedboad satu keluarga mengitari Pulau Tayan. Banyak hal – hal yang bisa anda temukan di Jembatan Tayan. View pertama yang menakjubkan saat Anda berada di atas jembatan ini adalah pengunungan khas Kalimantan yang mengelilingi jembatan tayang ini.

Begitu indah ketika Anda melihat sebuah sungai yang dibelakangnya berjejer gunung – gunung tinggi. Pada saat Anda akan memasuki jembatan ini, kalian akan menemukan ada sebuah jalan melingkar, saat ini, disamping jalan melingkar ini sudah dipadati oleh masarakat lokal yang berjualan, di kedua sisi jalan melingkar ini, terdapat sebuah tulisan besar, disisi kanan masuk tertulis “Jembatan Kapuas Tayan”, sedangkan di sisi kiri masuk tertulis “Kapuas Tayan Bridge”. Saat ini Jembatan Tayan telah menjadi salah satu destinasi wisata buatan yang ramai dikunjungi di akhir pekan.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/kalimantan-barat/jembatan-tayan-pesona-wisata-baru-kalimantan-barat.html
Comments
Loading...