Jembatan Suramadu, Menikmati Indahnya Pemandangan Selat Madura

0 223

Jembatan Suramadu

Jembatan nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, persis di sebelah timur Kamal). Panjangnya 5438 m, dan membuat jembatan ini menjadi jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Pada awal pembangunan jembatan tersebut diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada tanggal 20 Agustus 2003 dan pembukaannya diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 10 Juni 2009.

Bagi anda yang menggemari seni fotografi, di tempat ini anda bisa mendapatkan banyak foto yang menarik. Walaupun anda tidak diperbolehkan untuk berhenti di tengah jembatan, anda bisa menambil foto jembatan Suramadu dari berbagai angle dari bawah. Apalagi adanya selat Madura juga semakin menambah daya tarik obyek wisata ini. Untuk mendapatkan pemandangan yang lebih cantik lagi, anda bisa datang saat malam hari di mana jembatan ini akan menyala dengan banyak lampu-lampu yang membuat laut di bawahnya berkilauan dengan indah. Pemandangan yang sangat instagrammable tentunya.

Akses Menuju ke Jembatan Suramadu

Ada beberapa cara untuk menuju ke Jembatan Suramadu. Bagi yang tidak mengenal baik jalan jalan di Surabaya sebaiknya melewati jalur tol Tanjung Perak. Jadi dari manapun arahnya Malang (Selatan), Mojokerto (Barat) atau Gresik (Utara) keluar saja di gate tol Tj. Perak dan ikuti jalur keluar kemudian akan sampai di Jl. Perak Barat putar balik lewat Jl. Perak Timur menuju arah Jembatan Merah. Dari sana terus saja lewat Jl. Kembang Jepun (China Town) terus kearah timur melewati Pasar Kapasan, makam Wr. Supratman dan Jl. Raya Kenjeran. Meelintasi jalan ini akan sampai ke perempatan kalau terus ke Pantai Ria Kenjeran dan belok kanan ke Jembatan Suramadu.

Akses jalan ke Suramadu sangat lebar, dua jalan besar yang diselingi sungai terlihat sangat lebar. Jika berkendara di jalan ini harus selalu waspada dengan kendaraan roda 2 atau becak yang tidak tertib di jalanan. Kadang mereka bisa ditemui berjalan menentang arus kendaran, sungguh sangat berbahaya. Diujung jembatan jalan terpecah menjadi dua yaitu untuk jalur roda dua dan roda empat dengan masing masing gate tol.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Jembatan-Suramadu
Comments
Loading...