Jembatan Palu, Objek Wisata Sejarah di Kota Palu

0 58

Jembatan Palu

Jembatan Palu ini membentang di atas Teluk Talise ini berada di kelurahan Besusu dan Lere, yang menghubungkan kecamatan Palu Timur dan Palu Barat. Jembatan kuning ini merupakan jembatan lengkung pertama di Indonesia dan ketiga di dunia setelah Jepang dan Perancis.

Panjang jembatan utama: 250 m Titik tertinggi lengkung jembatan: 20,2 m dari badan jembatan Lebar jembatan: 7,5 m Luas permukaan besi total jembatan: 6234,40 m2 Jembatan ini dibangun melintasi delta yang sudah lama terbentuk untuk pondasi tiang tengah jembatan.

Meski tiangnya dibangun di atas delta, pondasi jembatan ini sangat kokoh karena berada di atas lapisan tanah yang keras pada kedalaman 6 sampai 28 meter. Ini bukti bahwa kota Palu memiliki keanekaragaman landscape alam, mulai dari gunung, lembah, laut, yang menjadi daya tarik dan tidak dimiliki Ibu Kota Provinsi lainnya di Indonesia.

Kita sebagai warga Palu, patut menjaganya, menceritakan kemegahan Kota Palu melalui jembatan ini kepada khalayak ramai.Banyak juga warga Kota Palu yang singgah di atas jembatan ini untuk menikmati keindahan pemandangan Kota Palu.

Tidak sedikit pula mereka mengabadikan momen ini dengan berfoto ria, memamerkannya di jejaring sosial. Tidak kalah indah, pembangunan anjungan di sekitar jembatan. Bertujuan sebagai penompang wisata di Kota Palu, anjungan ini didirikan.

Source http://pesonawisataindonesia.com http://pesonawisataindonesia.com/pesona-wisata-palu-jembatan-palu-iv/
Comments
Loading...