Jembatan Kuning Tukad Yeh Unda, Bali

0 122

Jembatan Kuning Tukad Yeh Unda

Keindahan alam yang dimiliki Pulau Bali, membuatnya punya banyak destinasi wisata menarik. Tempat yang terlihat sederhana, bisa menjadi lebih indah ketika berada di Bali. Salah satu buktinya adalah dengan melihat keberadaan Jembatan Kuning Tukad Yeh Unda yang ada di Sidemen, Karangasem.

Sesuai dengan namanya, Jembatan Kuning ini merupakan sebuah jembatan penghubung yang dicat dengan warna kuning. Tak ada yang spesial sebenarnya dari keberadaan jembatan ini. Eksistensi Jembatan Kuning ini sengaja dibangun untuk menghubungkan dua wilayah yang terpisahkan oleh Tukad Yeh Unda atau Sungai Yeh Unda.

Suasana Mirip Yellow Bridge Nusa Lembongan

Namun, bukan berarti penampilan biasa yang dimiliki oleh Jembatan Kuning Tukad Unda ini membuatnya tidak spesial. Penggunaan warna kuning pada Jembatan Kuning ini akan mengingatkan wisatawan pada keberadaan Yellow Bridge yang berada di Nusa Lembongan. Hanya saja, Jembatan Kuning Tukad Unda ini memiliki ukuran yang lebih kecil.

Jembatan Kuning Tukad Unda hanya dimanfaatkan sebagai sarana penyeberangan manusia. Jembatan ini dibuat dengan menggunakan material besi serta lantai yang berbahan kayu. Desain arsitektur yang memanfaatkan tali besi, membuat jembatan ini juga kerap disebut dengan nama Jembatan Gantung Yeh Unda.

Keberadaan Jembatan Kuning Tukad Unda memiliki peran penting bagi masyarakat setempat. Jembatan ini menghubungkan dua desa yang ada di Kabupaten Karangasem, yakni Desa Sidemen dengan Desa Sangkan Gunung. Selain dipakai untuk pejalan kaki, pengguna motor juga bisa melintasi jalur ini.

Suasana Alami di Jembatan Kuning Tukad Yeh Unda

Daya tarik yang dimiliki oleh Jembatan Kuning Yeh Unda bukan hanya pada desainnya yang mirip dengan Yellow Bridge Nusa Lembongan. Jembatan ini juga menawarkan pemandangan alami kepada para wisatawan. Apalagi, Desa Sidemen sendiri merupakan salah satu desa wisata yang cukup populer di kalangan wisatawan yang liburan ke Karangasem.

Selama berada di Jembatan Kuning Tukad Unda, para wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan berupa aliran sungai Yeh Unda yang masih cukup asri. Di sekelilingnya, Anda dapat menyaksikan suasana rimbun yang meneduhkan. Momen terbaik yang bisa Anda peroleh ketika liburan ke sini adalah pada musim kemarau, ketika aliran sungai terlihat begitu jernih. Sementara itu, memasuki musim penghujan biasanya aliran air di sini terlihat penuh dengan lumpur.

Selama berada di Jembatan Kuning Tukad Unda, para wisatawan dapat melakukan aktivitas yang menarik. Kegiatan utama di sini tentu saja adalah berburu foto instagramable. Dengan desain jembatan yang unik, Anda akan memperoleh foto seperti tengah berada di Yellow Bridge. Suasana alami yang ada di sekitarnya juga memberikan kesan yang instagramable pada jepretan kamera.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung dan berburu foto instagramable di Jembatan Kuning, dapat melakukannya secara gratis. Anda bisa datang secara langsung menuju ke Desa Sidemen di Kabupaten Karangasem. Jembatan ini merupakan fasilitas publik yang dapat dimanfaatkan secara gratis oleh semua orang. Hanya saja, pastikan untuk menjaga bangunan ini. Dengan begitu, banyak wisatawan lain yang juga berkesempatan menikmati aktivitas liburan di sini.

Source https://www.kintamani.id https://www.kintamani.id/jembatan-kuning-tukad-yeh-unda-destinasi-wisata-murah-meriah-dan-asyik-di-bali-008038.html
Comments
Loading...