Jembatan Gantung Pagar Batu Lahat

0 9

Saat ini banyak dibangun jembatan-jembatan kokoh dan kuat dari beton dengan arsitektur yang modern, jembatan gantung masih digunakan. Di Kabupaten Lahat yang dipimpin oleh Aswari Rivai itulah jembatan gantung berada.

Memiliki keunikan tersendiri membuat jembatan gantung masih digunakan dan dilalui oleh masyarakat hingga kini. Jeramba gantung atau jembatan gantung dalam bahasa daerah setempat merupakan jembatan terpanjang yang ada di Sumatera Selatan.

  

Tidak heran jika dikatakan menjadi yang terpanjang di Sumatera Selatan, karena jembatan ini terbentang sejauh 360 meter. Jeramba gantung seperti yang dikutip dari laman resmi Pariwisata Kabupaten Lahat, Sabtu itu menghubungi Desa Pagar Batu, salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat.

Uniknya, jembatan atau jeramba tersebut menjadi satu-satunya akses jalur darat dari Desa Pagar Batu menuju Kota Lahat. Di bawah jeramba mengalir sungai Lematang. Jeramba gantung ada di jarak 15 meter dari permukaan sungai.

Anda yang mempunyai nyali besar bisa coba melintasi jembatan gantung tradisional yang terbuat dari rangkaian papan kayu yang diikat dengan seutas tali. Rasakan sensasi bergoyang di atas jembatan ketika melintasinya.

Jembatan gantung Desa Pagar Batu masih eksis hingga kini walau sempat putus akibat terjangan banjir pada 1979. Bahkan ada acara televisi yang menayangkan jembatan yang telah dibangun sejak 1979 itu.

Source https://wisatalahatblog.wordpress.com https://wisatalahatblog.wordpress.com/2017/08/11/jembatan-gantung-pagar-batu-lahat/
Comments
Loading...