Jembatan Barelang Bridge, Jadikan Spot Foto Keren Kota Batam

0 63

Jembatan Barelang

Salah satu obyek wisata di Batam yang sekaligus menjadi icon Kota Batam ada Jembatan Barelang. Jembatan ini menjadi jembatan terpanjang di Batam yang menghubungkan 7 pulau sekaligus dengan panjang jembatan mencapai 2264 meter. Pulau-pulau yang dihubungkan oleh Jembatan Barelang ini antara lain Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Setotok, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru.

 

Jembatan Barelang telah menjadi ikon Kota Batam, bahkan telah populer sebagai landmark-nya Pulau Batam. Apabila Kota Jakarta identik dengan Monas maka orang akan mengidentikan Kota Batam dengan Jembatan Barelang(Barelang Bridge). Nama Jembatan Barelang yang di berikan oleh masyarakat setempat ternyata lebih popular ketimbang nama aslinya yaitu Jembatan Fisabilillah. Nama “Barelang” oleh masyarakat diambil dari nama-nama pulau yang dihubungkan oleh jembatan tersebut; Batam, Rempang, dan Galang. Jembatan Barelang memiliki nama lain, Jembatan Habibie atau Jembatan satu.

Jembatan Barelang adalah sebuah nama yang tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Terutama untuk penduduk tempatan dan turis lokal atau turis mancanegara. Mungkin sudah ada puluhan atau ratusan informasi tentang Batam dengan Jembatan Barelangnya. Bahkan Pemerintah Kota Batam menjadikan Jembatan Barelang sebagai simbol kota dan juga ikon untuk program Visit Batam 2010. Lokasi Jembatan Barelang terletak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Batam, provinsi Kepulauan Riau, Indonesia.

Jembatan Barelang merupakan pilot project berteknologi tinggi yang melibatkan ratusan insinyur Indonesia tanpa campur tangan dari tenaga ahli luar negeri. Dibangun untuk memperluas wilayah kerja Otorita Batam (OB) sebagai regulator daerah industri Pulau Batam. Pembangun jembatan Trans Barelang telah menyedot anggaran Otorita Batam (OB) sebesar Rp 400 Miliar yang dibangun dalam masa enam tahun (1992 – 1998). Enam buah jembatan megah ini merupakan proyek vital sebagai penghubung jalur Trans Barelang yang membentang sepanjang 54 kilometer.

Jika anda ingin berlibur ke Batam, sempatkanlah untuk mengunjungi obyek wisata yang juga menjadi icon Kota Batam ini, Jembatan Barelang. Jika perjalanan anda dari Bandara Jakarta, saat berada di atas Kepulauan Riau maka anda bisa melihat secara langsung Jembatan Barelang dari dalam pesawat. Jangan sampai anda melupakan perjalanan ini dan abadikan keindahan Jembatan Barelang dari atas dengan mengambil fotonya.

Source https://kabarwisata.com https://kabarwisata.com/2017/08/27/objek-wisata-jembatan-barelang-bridge-batam/
Comments
Loading...