Istana Surya Negara, di Kab. Sanggau

0 14

Istana Surya Negara

Istana Surya Negara merupakan peninggalan Kerajaan Sanggau ketika pemindahan pusat pemerintahan dari Desa Mengkiang ke Desa Kantu’ sekarang. Bangunan yang sudah berumur empat ratus tahun lebih ini sudah mengalami renovasi, namun tidak mengurangi bentuk asli dari bangunan lamanya. Sampai saat ini Istana Surya Negara masih terpelihara dengan baik.

Bangunan yang memiliki luas ± 1000 Meter persegi ini memiliki lima belas ruang. Ketika memasuki Istana Surya Negara, ruangan yang pertama dilalui adalah ruang tamu. Ruangan ini cukup besar, dan terlihat banyak foto-foto tua dari Raja dan Sultan serta Ratu terdahulu, hingga foto Putri, dan Ratu hingga Raja saat ini. Diruangan lain, terdapat sebuah ruangan yang sangat luas dengan singasana bernuansa emas. Ruangan ini digunakan sebagai ruang musyawarah dan pemberian titah.

Di bagian tengahnya terdapat delapan tiang utama dengan ukiran berwarna emas. Sementara kanan kirinya terdapat pintu-pintu menuju ruangan lainnya. Salah satunya adalah ruangan yang penyimpan benda pusaka. Benda pusaka yang ada di dalam ruangan itu antara lain lela, keris, dokumen penting, baju raja/ratu, kopiah raja, gong, peti besi dan maket dari miniatur bangunan pemerintahan Kerajaan terdahulu. Seperti Rumah Balai, Rumah Besar, Rumah Datok Penghulu, Rumah Tinggi, serta Masjid Jami’.

Istana Surya Negara merupakan salah satu dari ikon Kabupaten Sanggau yang berada dijalan Pangeran Mas Kelurahan Hilir Kota Kecamatan Kapuas. Istana ini juga terbuka untuk umum, sehingga banyak wisatawan berkunjung kesini dan menjadi salah satu destinasi wisata yang digemari turis di Sanggau.

Istana Surya Negara dapat dikunjungi secara gratis dan dibuka setiap hari sejak 09.00 pagi hingga pukul 20.00 WIB. Selama berkunjung, para wisatawan dapat bersuafoto dan masuk ke dalam Istana dengan ditemani juga oleh penjaga, yang bisa sekaligus menceritakan sekilas tentang bangunan bersejarah ini.

Source http://gustibaiturrahman.id http://gustibaiturrahman.id/2018/07/16/istana-surya-negara/http://gustibaiturrahman.id/2018/07/16/istana-surya-negara/
Comments
Loading...