Wisata Kawah Sikidang Dieng Banjarnegara

0 168

Kawah Sikidang Dieng

Kawah Sikidang Dieng merupakan obyek wisata unggulan Dieng yang wajib di kunjungi. Di antara kawah-kawah lainnya di Dieng. Kawah Sikidang adalah yang paling mudah dicapai dan dinikmati karena terletak di tanah datar. Kawah Sikidang Dieng juga terkenal dengan fenomena kolam kawahnya yang bisa berpindah atau melompat dalam satu kawasan yang luas. Itulah sebabnya Kawah Sikidang menjadi salah satu dari banyak kawah di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng yang paling diminati. Tiap minggu wisatawan berbondong-bondong menyaksikan aktivitas vulkanik yang dengan mudah bisa disaksikan langsung.

Dataran Tinggi Dieng adalah gunung berapi raksasa dengan telaga-telaga dan kawah-kawah bekas letusan yang dihuni penduduk. Kawah-kawah yang masih menujukkan aktivitas vulkanik ini menjadi daya tarik tersendiri, begitu juga dengan Kawah Sikidang Dieng. Posisi Kawah Sikidang Dieng berbeda dengan kawah pada umumnya yang terletak di tinggi puncak gunung berapi dan susah untuk melihatnya. Sedangkan Kawah Sikidang berada di tanah yang datar sehingga pengunjung leluasa melihat lumpur panas meletup-letup dan gas atau asap yang berwarna putih pekat mengepul di udara. Fenomena alam yang benar-benar menarik perhatian.

Lokasi Kawah Sikidang Dieng

Lokasi Kawah Sikidang berada dalam wilayah administratif Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah – Indonesia. Untuk menuju Kawah Sikidang bisa melalui Jalan raya yang sejalur dengan arah menuju Telaga Warna – Candi Bima – Kawah Sikidang, atau melalui Jalur Dieng Kulon -Jalan Candi Gatut Kaca – Candi Bima -Kawah Sikidang.

Harga Tiket Masuk Kawah Sikidang Dieng

Untuk memasuki kawasan wisata Kawah Sikidang Dieng Anda dikenai harga tiket masuk yang merupakan tiket terusan dari obyek wisata Kompleks Candi Arjuna dan Candi Bima sebesar Rp10.000,-. Ini artinya sebelum ke Kawah Sikidang Anda juga bisa menikmati obyek wisata candi dengan satu tiket terusan. Harga yang murah untuk tiga obyek wisata sekaligus. Lokasi Kawah Sikidang dibuka setiap hari dari jam 07.00-16.00 WIB.

Aktivitas yang dilakukan di kawah Sikidang Dieng

Selain melihat Kolam-kolam Kawah yang menarik, di kawah Sikidang anda juga bisa menemukan berbagai hal menarik seperti penjual Telur rebus kawah, Makanan Khas dan Souvenir Wisata.

Source wisata banjarnegara
Comments
Loading...