Instalasi dan Lukisan Arang Karya Pramuhendra di Pameran ‘Tears From Heaven’ | Jalan Wisata

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
Foto: Dok. Srisasanti Gallery

Pameran seni rupa ‘Tears From Heaven’ oleh J. Ariadhitya Pramuhendra tengah berlangsung di Srisasanti Gallery, Yogyakarta, hingga 11 Agustus 2024. Dikuratori oleh Asmudjo J. Irianto, pameran ini menampilkan 2 instalasi dan 11 lukisan arang karya Pramuhendra, yang semua diciptakan pada 2024.

Karya-karya Pramuhendra sering mengangkat tema-tema keagamaan, khususnya Katolik, dengan simbolisme dan komposisi yang merujuk pada Alkitab atau lukisan-lukisan Renaisans.

Namun, pameran ini secara khusus menyoroti isu-isu kontemporer seputar perempuan, yang ditampilkan melalui figur-figur perempuan sebagai subjek utama dalam seri karyanya. Arang, sebagai bahan utama, melambangkan titik akhir pemurnian setelah proses pembakaran, seperti mitos phoenix yang bangkit kembali.

Foto: Dok. Srisasanti Gallery

Judul pameran ini sendiri diambil dari karya utamanya, ‘Tears From Heaven’, sebuah instalasi yang menampilkan replika patung Pieta karya Michelangelo.

Patung tersebut menggambarkan Bunda Maria yang sedang memegang tubuh Yesus dan disiram aerial hujan buatan, menciptakan efek seolah-olah aerial mata yang jatuh dari surga. Instalasi ini dipajang di lantai pertama galeri dengan pencahayaan dramatis dan diiringi lagu ‘Fall’ dari grup musik Islandia, Sigur Ros.

Foto: Dok. Srisasanti Gallery

Di lantai kedua galeri, Pramuhendra menampilkan ‘Calvary’. instalasi berupa balok kayu besar yang terbakar dan ditumpuk menyerupai sisa-sisa salib. Karya ini menggugah perasaan melankolis dan spiritual, menggambarkan kekhawatiran terhadap penderitaan manusia dan dunia yang terus-menerus.

Karya menarik lainnya adalah lukisan berukuran 4 x 18 meter. Berjudul ‘In nan Quiet Night of The Grand Theater’, lukisan tersebut menggambarkan 22 perempuan duduk di belakang meja panjang, mengingatkan pada komposisi ‘The Last Supper’ karya Leonardo da Vinci. Lukisan ini adalah karya terbesar yang pernah dibuat oleh Pramuhendra dan dipamerkan oleh galeri.

Foto: Dok. Srisasanti Gallery

Bagi para penggemar seni, pameran ini adalah kesempatan langka untuk melihat karya-karya Pramuhendra yang penuh emosi dan simbolisme religius. ‘Tears From Heaven’ dibuka setiap hari, kecuali Senin, dari pukul 12:00 hingga 19:00, dan pada akhir pekan hingga pukul 20:00.

Srisasanti Gallery beralamatkan di Tirtodipuran Link Building B, Jl. Tirtodipuran No. 26, Yogyakarta. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi pameran ini dan mengalami sendiri perjalanan emosional dan belief yang ditawarkan oleh karya-karya Pramuhendra.