Indahnya Kampung Wisata Kuantan di Tepian Kapuas

0 97

Kampung Wisata Kuantan Tepian Kapuas menjadi tempat untuk berfoto yang menjadi tren di media sosial seperti instagram dan facebook masyarakat Kota Pontianak. Kampung Wisata Kuantan Tepian Kapuas juga pernah beberapa kali dikunjungi oleh artis Ibukota seperti Panji Petualang dan Band Band Indie. Maka tidak heran jika anda pergi ke Kampung Wisata Kuantan Tepian Kapuas bertemu dengan orang-orang yang sedang berfoto baik selfie, wefie maupun berfoto dengan jasa pothographer. Untuk anda yang akan berkunjung ke Pontianak berkunjunglah ke lokasi yang menunjukan warna warni Tepian Kapuas ini.

Kampung Wisata Kuantan menjadi kawasan wisata yang ramai dikunjungi anak muda, terutama pada malam minggu, saat ada event seperti meriam karbit, buka puasa bersama, perayaan ulang tahun, pertunjukan musik, dan malam tahun baru. Hal ini terlihat dari eksisnya Kampung Wisata Kuantan Tepian Kapuas pada foto-foto yang di unggah ke media sosial seperti Instagram, Facebook, Path, WhatsApp dan lain-lain.

Akses menuju Kampung Wisata Kuantan Tepian Kapuas tidaklah jauh dari pusat kota. Kampung Wisata Kuantan terletak di Gang Kuantan, Jl Imam Bonjol, Kelurahan Benua Melayu Laut, Pontianak Selatan. Lokasinya tidak jauh dari SPBU di Jl. Imam Bonjol atau dekat dari PDAM Tirta Khatulistiwa. Lebih tepatnya lokasi Kampung Wisata Kuantan Tepian Kapuas terletak di bagian belakang PDAM Tirta Khatulistiwa yang berada di tepian Sungai Kapuas. Tempat Parkir motor pengunjung terletak di ujung Gang Kuantan. Sebelum memasuki lokasi ini pengunjung akan disambut dengan gerbang papan bertuliskan Kampung Wisata Kuantan Tepian Kapuas “Enjoy Your Food and Drink”.

Kampung Wisata Kuantan berdiri sejak awal tahun 2017. Sedangkan Kafe dan warung di lokasi ini sudah ada sebelum berdirinya Kampung Wisata Kuantan Tepian Kapuas. Pembuatan Kampung Wisata Kuantan ini di lakukan oleh Kelompok Sadar Wisata Benua Melayu Laut kemudian dibantu Bank Indonesia Kalimantan Barat melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) serta adanya keterlibatan mahasiswa GENBI yang berhasil merubah kawasan yang tadinya terkesan kumuh menjadi kawasan wisata yang indah penuh warna di Kota Pontianak. Warna warni yang ada di setiap sudut Kampung Wisata Kuantan Tepian Kapuas menjadikan tempat ini lebih hidup dan dapat memberikan aura positif bagi pengunjungnya.

Lingkungan ini berhasil meningkatkan keamanannya bukan hanya karena lingkungan di cat warna warni, atau ramainya pengunjung pada malam hari. Keamanan di lingkungan ini tercipta karena adanya kreatifitas warganya terutama yang anak muda melakukan ronde malam keliling kampung setiap malam biasanya setelah Kafe Tepian Kapuas tutup. Pemilik Kafe atau karyawan dan warga sekitar juga sering jaga malam. Sekarang lingkungan ini telah berubah menjadi kawasan wisata yang membuat pengunjungnya merasa nyaman berada di Kampung Wisata Kuantan Tepian Kapuas.

Kafe yang ada di Kampung Wisata Kuantan Tepian Kapuas menjadi pencetus Kafe Terbuka yang berada di atas Sungai Kapuas Kapuas. Kafe Tepian Kapuas memiliki konsep Kafe Terbuka di atas Sungai Kapuas namun juga memiliki sisi bagian lain yang memiliki atap sehingga jika hujan pengunjung masih bisa bersantai di tempat ini. Kafe di Kampung Wisata Kuantan Tepian Kapuas mulai buka dari jam 4 sore dan tutup pada jam 12 malam setiap harinya. Pada setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu biasanya ada acara musik akustik di Kafe Tepian Kapuas.

Menu yang disediakan di Kafe yang ada di Kampung Wisata Kuantan Tepian Kapuas memiliki cita rasa yang enak dan bisa dibilang cukup murah. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 20.000 pengunjung sudah bisa bersantai sambil menikmati jajanan atau minuman di tempat ini. Pelayanan di Kafe Tepian Kapuas yang ada di Kampung Wisata Kuantan Tepian Kapuas juga ramah dan cepat tanggap. Sekitar 8 hingga 12 karyawan yang bekerja di Kafe Tepian Kapuas. Kebanyakan pelayan di Kafe Tepian Kapuas  adalah anak muda yang umurnya sekitar 17 hingga 20 tahunan

Dinding bangunan hingga jalan di Kampung Wisata Kuantan Tepian Kapuas dicat warna-warni, ada juga pesan bijak untuk menjaga lingkungan menjadikan tempat ini sebagai kawasan wisata yang sangat cocok untuk semua kalangan. Tidak hanya anak muda tetapi orang tua dan anak-anak bisa nyaman bersantai di sini. Lampu-lampu hias menghidupkan suasana malam di tempat ini dengan keindahannya. Pengunjung yang bersantai di Kampung Wisata Kuantan Tepian Kapuas juga bisa melihat pemandangan Jembatan Tol, lebih indah pada malam hari terlihat lampu-lampu bersinar. Selain itu semilir angin dari alam serta ombak akibat Ferry yang melewati sungai memberikan suasana rileks juga menjadi daya tarik tempat ini.

Source https://www.kompasiana.com https://www.kompasiana.com/dwirianti/5a4cd9745e1373566a3f3bc2/indahnya-kampung-wisata-kuantan-di-tepian-kapuas
Comments
Loading...