Hutan Wisata Sreni Indah

0 124
Jelajah wisata alam Indonesia akhirnya tiba hutan wisata Sreni Indah setelah melakukan perjalanan yang cukup melelahkan dari air terjun Banyu Anjlok.  Jalan yang lumayan rusak sedikit menghambat perjalanan untuk menuju lokasi hutan wisata.
 
Hutan Wisata sreni indah, atau sering disebut wono sreni indah merupakan hutan lindung yang terletah di kaki gunung Muria. Tepatnya di desa Bategede Nalumsari Jepara. Hutan ini sebagian besar di tanami pohon pinus. Selain sebagai kawasan hutan lindung, Wono sreni indah juga dimanfaatkan sebagai Bumi Perkemahan. Biasanya pada saat musim kemah sekolah, Hutan Pinus ini banyak digunakan sebagai tempat kegiatan perkemahan. Tercatat, hutan ini pernah digunakan untuk perkemahan Saka Wana Bhakti Tingkat Nasional.
Sreni Indah sendiri, dikelola oleh Perusahaan Hutan Negara Indonesia (Perhutani) Kabupaten Jepara. Pohon-pohon pinus disini tumbuh subur dan besar-besar. Sehingga berhawa sejuk dan cukup nyaman untuk digunakan sebagai tempat rekreasi. Tempat ini biasa digunakan sebagai tujuan rekreasi, pendakian maupun jalan-jalan santai. Hutan wisata sreni cukup luas, yakni sekitar 110 hektare (ha). dengan luas hutan pinus yang seperti itu, hutan wisata sreni indah memang layak untuk digunakan sebagai tempat untuk merefreshingkan pikiran.

Ada perbedaan antara hutan wono pinus setro batealit dengan hutan pinus serni indah, yaitu pada jarak tanam pohon pinus, dan luas, hutan pinus setro batealit tidak terlalu luas, tapi jarak antar pohon dekat dekat, seta tidak banyak disisipi tanaman selain hutan pinus, serta lebih teratur, hutan serni indah bateali areanya begitu luas, tapi jarak antar pohonya agak jauh, dan banyak disipi tanaman lain seperti kopi, dan pohon-pohon selain pinus, mungkin kalo anda sudah pernah berkunjungg mungkin anda bisa membedakannya.

Untuk sampai ke hutan sreni indah, wisatawan bisa memakai kendaraan pribadi, baik mobil atau sepeda motor maupun kendaraan umum. Akses paling mudah melalui jalan arah Nalumsari-kudus nanti akan ada papan penanda pintu masuk area wisata,  Pengunjung diharapkan untuk waspada karena akses menuju hutan wisata ini berbelok-belok dan agak curam.

Source http://jelajahwisataalam4.blogspot.com http://jelajahwisataalam4.blogspot.com/2015/05/hutan-wisata-sreni-indah.html
Comments
Loading...