Hutan Mangrove Sriminosari Lampung Timur

0 34

Hutan Mangrove Sriminosari

Hutan Mangrove Sriminosari yang berada di Kabupaten Lampung Timur. Pesona hutan mangrove di pinggiran pantai acapkali dijadikan sebagai objek wisata yang menarik banyak pengunjung.  Sebut saja hutan mangrove Pantai Indah Kapuk dan Hutan Mangrove Brebes yang sudah sangat terkenal. Salah satu kawasan hutan mangrove di Lampung yang sudah dimanfaatkan menjadi lokasi wisata adalah hutan mangrove Sriminosari. Alamat lengkanya yakni di Desa Sri Minosari, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur.

Jaraknya sekitar 77 km dengan waktu tempuh sekitar 3 jam dari Kota Badar Lampung. Rute dari Bandar Lampung bisa anda tempuh via Tanjung Bintang – Simpang Sribawono – Labuhan Maringgai. Rute kedua, anda juga bisa melalui Kota Metro, dengan rute Bandar Lampung – Metro – Sukadana – Way Jepara – Labuhan Maringgai, dengan waktu tempuh lebih lama jika dibandingkan rute pertama tadi. Transportasi umum yang bisa anda gunakan adalah travel tujuan ke Lampung Timur. Untuk tarifnya sekitar Rp.60.000 sampai Rp.80.000.

Hasil gambar untuk Hutan Mangrove Sriminosari Lampung Timur

Jika anda dari Pelabuhan Bakauheni Lampung maka jaraknya sekitar 72 km. Anda bisa menggunakan transportasi umum dan juga bus dari pelabuhan tujuan ke Lampung Timur atau juga yang melintasi jalan lintas timur Sumatera. Untuk lokasi hutan mangrove ini cukup jauh dari Jalan Lintas Timur Sumatera. Patokan jalan masuknya terdapat di samping kantor polsek Labuhan Maringgai. Dari polsek tersebut anda mengarah ke Kuala Penet atau juga Desa Margasari. Desa Sriminosari berada di sebelum kedua desa tersebut.

Sepanjang perjalanan anda akan melewati perkampungan warga. Kemudian nanti ada gapura besar disebelah kanan jalan yang bertuliskan “Wisata hutan Mangrove Sriminosari” jika anda tidak menemukannya, anda bisa bertanya kepada warga sekitar. Warga disana sangat ramah kepada para pengunjung atau wisatawan yang datang. Kemudian dari gapura tersebut anda masuk sekitar 1 km ke arah pantai. Sampainya di lokasi, anda akan disambut dengan suasana pantai yang nampak hijau dengan adanya pohon bakau.

Untuk harga tiket masuknya cukup terjangkau, per orang hanya dikenai biaya sebesar Rp.5000. Lalu apa yang bisa anda nikmati di dalam kawasan hutan mangrove ini? Disini anda bisa menikmati trek mangrove sepanjang hampir 1 km yang menyusuri hutan mangorve. Jalur trek tersebut terbuat dari bahan bambu yang menimbulkan suasana alami. Sembari berjalan anda bisa menikmati pemandangan laut dan juga pohon-pohon bakau yang tumbuh rapat.

Lintasan trek mangrove ini tak hanya berada di dalam tegakan hutan mangrove saja. Namun ada treking yang berdiri diatas air laut yang tidak terlalu dalam.Pengelola juga menyediakan banyak pondokan gratis  beberapa titik jalur trek untuk beristirahat. Beberapa sudut juga sudah dimodifikasi menjadi spot fotogenik untuk berfoto. Jembatan warna-warni dan hiasan dari kerajinan yang dicat akan menjadi spot instagramble untuk anda yang hobi berfoto.

Tempat wisata ini juga cocok untuk anda menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga. Apalagi ada podokan diatas laut yang asik digunakan untuk makan siang bersama keluarga anda. Untuk jam operasional hutan mangrove Sriminosari adalah pukul 07.30 – 17.30 WIB setiap hari. Objek wisata ini akan ramai kunjungan saat hari minggu dan hari libur, terutama saat libur lebaran. Setelah anda berkunjung ke pantai ini, anda juga bisa membeli oleh-oleh ikan segar atau ikan asin di Desa Margasari.

Disana terdapat pasar yang menjual ikan hasil tangkapan nelayan. Untuk penginapan anda bisa menginap di penginapan yang ada di Desa Margasari. Disana terdapat penginapan milik warga yang juga dijadikan sebuah penginapan. Biaya penginapan sekitar Rp.150.000 per malam dengan fasilitas makan malam dan sarapan. Pesona yang disajikan hutan mangrove Sriminosari ini bisa anda jadikan sebagai daftar tempat liburan anda. Suasana dan juga ke unikan yang disajikan bisa melepaskan penat anda setelah rutinitas padat.

Source https://www.lampung.co https://www.lampung.co/blog/pesona-wisata-hutan-mangrove-sriminosari-lampung-timur
Comments
Loading...