Warning: unlink(/tmp/dfa16b13c44bbe524bb9588b94873dba-B8n5Bj.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Hutan Mangrove Pendopo Teritip di Balikpapan

0 59

Hutan Mangrove Pendopo Teritip

Hutan Mangrove Pendopo Teritip satu kawasan yang ditetapkan sebagai Desa Wisata oleh Dinas Pariwisata Balikpapan. Taman wisata dan penelitian itu berada di Gg. Teritip Kelurahan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur. Sekitar 28 kilometer dari pusat kota. Rumah-rumah penduduk di kawasan ini masih jarang. Banyak lahan kosong ditumbuhi pepohonan liar dan kelapa. Teritip dikenal sebagai pemasok kelapa muda.

  

Sepanjang perjalanan, bunyi kecipak tempakul, ikan yang bisa hidup di permukaan air, bersahutan dengan bunyi “pletak” kepiting. Ada kalanya serombongan kuntul terbang rendah di atas kolam sebelum hinggap menyantap mangsa. Burung berwarna putih dengan kaki jenjang itu mudah terlihat di kawasan ini.

Hutan Mangrove Pendopo Teritip sekrang dijadikan DPML (Daerah Perlindungan Mangrove dan Laut), pemerintah Kota Balikpapan menjadikan daerah ini sebuah kawasan konservasi. Sebagai salah satu kawasan pesisir, keberadaan mangrove penting untuk mencegah abrasi. Tindakan yang dilakukan pemerintah antara lain menggalang masyarakat menanam bibit bakau. Ini terlihat dari beberapa bibit yang mulai tumbuh.

Jembatan kayu sepanjang kira-kira setengah kilometer dengan lebar setengah meter membelah mangrove. Jembatan kanopi ini sangat kuat karena dibuat dari kayu ulin. Di kiri dan kanan jembatan, pohon bakau menjulang cukup tinggi. Namun tidak terlihat adanya primata yang biasa menghuni mangrove, bekantan.

Ada banyak aktivitas bisa kita habiskan di tempat ini. Selain memancing atau berenang, banyak spot fotografi yang menunggu untuk diekplorasi. Termasuk bagi Anda fotografer profesional yang tengah bingung mencari lokasi eksklusif pre wedding.

Bagi pengunjung yang ingin mendirikan tendan atau sekedar berkemah di malam hari bisa dilakukan disini bersama-sama. Pemandangan matahari terbenam di dekat pantai dengan hutan bakau ini menakjubkan untuk dinikmati, terutama saat pantai sedang pasang surut.

Source http://www.visitkaltim.id http://www.visitkaltim.id/attraction/hutan-mangrove-pendopo-teritip-balikpapan
Comments
Loading...