Hutan Mangrove Nusa Lembongan, Bali

0 52

Hutan Mangrove Nusa Lembongan

Rimbunnya hutan bakau di kawasan ini ternyata mampu menghipnotis pengunjung untuk senantiasa berdecak kagum. Bagaimana tidak, dengan mengitari areal yang luasnya 230 hektar ini, pengunjung dapat merasakan keindahan alam yang masih sangat natural dan terjaga keasriannya. Hutan mangrove Nusa Lembongan terletak di Pantai Jungut Batu, di sisi timur Pulau Nusa Lembongan. Kawasan hutan mangrove Nusa Lembongan ini memiliki kedalaman air 0,5 meter dengan lebar 4-6 meter.

  

Aktivitas di Hutan Mangrove Nusa Lembongan

Jika ingin berkeliling mengitari kawasan hutan mangrove ini, pengunjung harus menyewa perahu dengan tarif 150 ribu rupiah selama 25 menit. Saat terbaik untuk datang adalah ketika pagi hari, ketika air laut masih pasang. Di waktu ini sensasi keindahan alamnya sungguh mempesona. Perjalanan pertama di mulai dari laut terluar dan semakin ke dalam menyusuri kawasan hutan mangrove. Semakin ke dalam, jalur sungai semakin sempit. Apabila diperhatikan, air sungai terlihat makin gelap karena semakin rapatnya akar-akar bakau yang tumbuh. Suasana terkesan mistis tetapi menyenangkan.

Setelah berkeliling selama 25 menit, maka perahu seolah-olah keluar dari jalan sempitnya hutan bakau dan menemukan cahaya terang perairan tepi hutan bakau. Di sini, pemandangan indah akan pengunjung temui. Hijaunya dedaunan dengan pantulan sinar matahari menampah apik panorama. Gambar yang terhampar di depan mata dengan lekuk-lekuk celah yang terbentuk dari gugusan tanaman bakau sangat memukau jika di foto. Bahkan pengunjung yang datang selalu berfoto selfie dengan latar belakang akar-akar bakau yang kuat mencengkeram tanah.

Perlu diketahui, aktivitas berkeliling menggunakan perahu di tempat ini memiliki tarif yang berbeda jika dibandingkan dengan di tempat lain. Biasanya, tarif dikenakan per perahu. Di sini, penumpang akan dikenakan per orang. Untuk wisatawan asing, dipatok dengan banderol sebesar 150 ribu rupiah per orang. Sementara untuk wisatawan lokal, tarifnya sebesar 50 ribu rupiah per orang.

Keindahan Alami Hutan Mangrove Nusa Lembongan

Tidak terdapatnya fasilitas yang memadai di kawasan hutan mangrove Nusa Lembongan, menjadikan bukti bahwa areal ini masih alami dan belum terjamah tangan manusia. Masyarakat sekitar sangat menjaga kelestarian tumbuhan bakau di sini sehingga tetap asri dan rimbun. Laut di sekitar kawasan hutan mangrove sangat dangkal sehingga sangat cocok untuk aktivitas snorkeling.

Akar-akar dari tumbuhan bakau menjadi tempat tinggal yang sempurna bagi hewan-hewan laut. Hijaunya pohon bakau di areal ini juga menjadi tempat hidup bagi burung jalak Bali. Maka tak heran jika pengunjung sesekali dapat melihat burung jalak asli Bali ini tampak hinggap di ranting-ranting pepohonan bakau.

Source https://www.kintamani.id https://www.kintamani.id/hutan-mangrove-nusa-lembongan-wisata-antimainstream-pulau-dewata-00700.html
Comments
Loading...