Hutan Mangrove Logending Wisata Alam di Kebumen

0 37

Hutan Mangrove Logending

Kawasan Hutan Mangrove merupakan salah satu wisata alam yang letaknya tak jauh dari Pantai Logending Kecamatan Ayah, berpotensi menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Kebumen. Deretan perbukitan Karst Gombong Selatan tampak anggun dengan ratusan puncaknya yang mewujud lancip bak piramid.

Di sejengkal kakinya yang permai, hamparan hutan mangrove melekuk manis di sepanjang tepian muara Sungai Bodo yang membatas karst dengan dataran rendah Pantai Selatan. Kawasan Hutan Mangrove Logending sekarang telah memiliki luas sekitar 50 Ha. Wisata Hutan Mangrove ini berada diketinggian 5 meter dari permukaan air laut dengan suhu rata rata antara 24 celcius hingga 34 derajat celcius.

Pasalanya,  ekosistem mangrove menjadi produk wisata yang menarik karena menyajikan fenomena alam yang beragam, mulai dari keanekaragaman jenis mangrove, jenis-jenis fauna yang terdapat dalam ekosistem tersebut seperti burung, mollusca (siput atau keong), ikan, jenis-jenis crustacea (kepiting) dan hewan-hewan lainnya. Disini para pengunjung bisa mendapatkan banyak ilmu pengetahuan tentang hutan mangrove dan fungsinya bagi lingkungan, proses terjadinya suksesi, dan berbagai pengetahuan lainnya terkait ekosistem mangrove. pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan panorama alam di sana. Mereka pun dapat turut serta menjaga dan melestarikan hutan mangrove. Salah satunya dengan cara menanam bibit pohon mangrove.

Dengan menyewa perahu, pengunjung diajak menyusuri Sungai Bodo yang merupakan pembatas antara Kabupaten Kebumen dan Cilacap. Hamparan hutan bakau berbaris manis di sepanjang bibir sungai. Selama perjalanan, Pemandu bercerita tentang manfaat bakau bagi kehidupan. Menunjukkan secara langsung sisi sungai yang telah dan belum ditanami bakau. Tak hanya mencegah abrasi, keberadaan hutan bakau dirasakan manfaatnya secara ekonomi oleh masyarakat sekitar yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Atraksi lainnya yang mengagumkan ialah aktivitas bird watching. Tepuk tangan dan teriakan mengundang ratusan kuntul berwarna hitam keluar beterbangan dari rimbunnya bakau. Benar-benar pemandangan yang tidak ternilai.

Source http://wisataa.com http://wisataa.com/category/kebumen
Comments
Loading...