Hutan Kota Mayasih Wiasta Alam Di Kuningan

SEJUMLAH pengunjung menikmati suasana area Hutan Kota Mayasih, di Kelurahan Cigugur, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Minggu (7/12/2014). Pengunjung hutan kota yang dibangun Pemkab Kuningan pada lahan bekas penambangan batu itu, belakangan ini dikenai tarif masuk tidak resmi dengan kisaran Rp 1000 hingga Rp 2.500 per orang. NURYAMAN/"PR" ------------------
0 174

Hutan Kota Mayasih

Hutan Kota Mayasih merupakan salah satu tempat wisata area hutan yang terletak di Lumbu, Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45552 Sesuai namanya Mayasih area hutan ini terletak di blok Mayasih. Luas area lahan Hutan Kota Mayasih ini mencapai 3ha dengan ketinggian 620 meter di atas permukaan laut. Tujuan dibangunnya area hutan ini salah satunya untuk serapan air.

Peresmian

Hutan Kota Mayasih mulai diresmikan dan dibuka untuk umum pada tahun 2014. Meski difungsikan sebagai area serapan air namun karena area Hutan Kota Mayasih ini memiliki panorama yang indah sehingga area ini dibuka bagi umum untuk beragam keperluan salah satunya untuk wisata. Sejak mulai dibuka untuk umum jumlah pengunjung yang mengunjungi Hutan Kota Mayasih ini semakin ramai terlebih ketika libur panjang atau weekend tiba. Salah satu alasannya adalah selain karena suguhan view panoramanya yang indah, untuk masuk ke area ini para pengunjung tidak dikenakan biaya, cukup membayar biaya parkir saja.

Daya Tarik

Sebelum menjadi area hijau yang diperuntukan untuk umum, area hutan ini merupakan kawasan penambangan batu. Sisa-sisa bebatuannnya sendiri masih terlihat, bahkan menjadi salah satu daya tarik utama bagi para pengunjung. Untuk ukuran batu-batunya sendiri beragam. Selain itu daya tarik lain dari kawasan Hutan Kota Mayasih adalah terdapatnya beberapa gazebo, serta taman yang cukup nyaman untuk berteduh. Dengan ketinggiannya yang berada 620 meter dibawah laut sehingga panorama dataran rendah dapat dinikmati di area ini. Beberapa spot favorit yang biasa dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk berfoto-ria diantaranya adalah di area bebatuan, gazebo dan patung kuda yang menjadi icon Hutan Kota Mayasih.

Fasilitas

Salah satu event tahunan yang biasa diadakan di area Hutan Kota Mayasih ini adalah acara adat “Pesta Dadung”. Pesta Dadung biasa diadakan setiap hari ke 18 Rayagung. Acara adat ini menampilkan pertunjukan “Angon Kerbau”. Upacara tersebut dimaksudkan agar sandang pangan warga tetap makmur. Adapun beberapa program edukatif yaitu penanaman pohon atau reboisasi. Tentunya program ini agar area hutan ini semakin hijau dan asri.

Karena area hutan ini terbuka untuk umum dan gratis sehingga bagi para pengunjung yang ingin menggunakan area hutan ini untuk kegiatan fotographi seperti praweding tidak dikenakan biaya. Beberapa fasilitas yang dimiliki Hutan Kota Mayasih diantaranya adalah toilet, gazebo, kantin dan area parkir. Hutan Kota Mayasih mulai buka pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore.

Source Jalan Wisata dikuningan
Comments
Loading...