Hutan Kota di Kabupaten Ketapang

0 16

Hutan Kota Ketapang

Polusi sudah menjadi teman kita sehari hari. berbagai macam asap sudah kita hirup setiap hari mulai dari asap yang baunya enak seperti asap masakan sampai asap kendaraan bermotor. hal ini tentu saja lama kelamaan bakalan berdampak buruk bagi kesehatan dan dunia persilatan. maka dari itu penting nya merawat lingkungan kita agar tetap hijau bersih dan sehat. bukan berarti semua benda atau tembok di cat hijau ya.
 
Di Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat ada suatu kawasan di tengah kota yang masuk dalam kategori cagar alam. selain lokasi nya yang di tengah kota. hutan kota ini juga di lintasi sungai pawan. oh iya hutan kota berlokasi di Jalan Lingkar Kota ketapang. hutan kota ini juga sudah di atur dalam SK Bupati Kabupaten Ketapang No: 150 tahun 2004 Tertanggal 27 Mei 2004 jadi jangan aneh aneh deh mau reklamasi atau bangun rumah di dalam hutan kota. bisa panjang urusan nya.
Berdasarkan pengalaman pribadi. pergi ke hutan kota sebaiknya di pagi hari karena selain masih belum terlalu panas. satwa di sana juga masih aktif. sebaiknya juga membawa makanan. tenang aja satwa di sini karena udah sering berinteraksi dengan manusia jadi agak jinak. ingat agak jinak. jadi tetap jaga jarak ya. Keberadaan hutan kota ini sendiri masih belum jelas dinas yang menaungi nya apakah Dinas Kehutanan atau Dinas Pariwisata. namun yang saya tau di tahun 2010 di kelola oleh Yayasan TNGP (Taman Nasional Gunung Palung) mungkin sekarang sudah berpindah kepenguruan.
Untuk masuk ke hutan kota anda akan melewati jalan setapak, sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan hutan yang masih alami. kalo capek ada beberapa gazebo yang tersebar di sepanjang jalan untuk beristirahat.
Di ujung jalan setapak tersebut ada sungai. kalo air nya lagi surut atau arus nya lagi nggak deres biasanya aku mandi disitu ha ha ha. tapi kalo arusnya lagi kuat jangan coba coba ya. mending mancing aja. banyak ikan nya kok. banyak pemancing yang sengaja datang ke sini hanya untuk mancing ikan dan di bakar di tempat.
Source http://yogieperdana.blogspot.com http://yogieperdana.blogspot.com/2016/04/hutan-kota-di-kabupaten-ketapang.html
Comments
Loading...