Hutan Bambu Penglipuran di Bangli

0 32

Hutan Bambu Penglipuran

Hutan bambu ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di Desa Penglipuran ini memiliki luas lahan sekitar 75 hektar. Selain sebagai tanaman yang berguna untuk kegiatan masyarakat Desa Penglipuran sehari-hari, pohon-pohon bambu ini ternyata juga penopang dalam kegiatan pariwisata. Tanaman bambu di desa ini memang sudah dikembangkan dan dipelihara oleh masyarakat desa sejak turun temurun. Pantaslah jika hutan bambu di areal ini sangat rimbun sehingga memberikan rasa rindang dan sejuk.

Sejak awal Pemerintah Kabupaten Bangli mengembangkan Desa Adat Penglipuran sebagai desa wisata, Hutan Bambu Penglipuran Bangli juga mendapat tempat spesial. Terbukti dengan dibangunnya jalan yang memecah hutan sebagai akses jalan menuju desa tetangga. Jalan yang sudah diaspal mulus juga menjadikan kenyamanan bagi wisatawan yang datang. Pengunjung yang datang kebanyakan ingin mengambil foto terbaik mereka ketika di sana. Jalan yang memecah kerimbunan hutan laksana jalan panjang yang sangat indah bak lukisan.

Jalan yang berada di tengah hutan bambu ini merupakan jalan penghubung Desa Penglipuran dengan desa tetangga, maka adakalanya motor atau mobil juga berlalu lalang. Namun tak begitu banyak kendaraan yang melewati jalan ini sehingga tidak begitu mengganggu konsentrasi pengunjung untuk mendapatkan keindahan alami Hutan Bambu Penglipuran.

Lokasi Hutan Bambu Penglipuran

Desa Adat Penglipuran berada di wilayah Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli. Sedangkan lokasi Hutan Bambu Penglipuran berada tepat di bagian paling atas dari wilayah Desa Adat Penglipuran. Tepat di depan pura, tengoklah sedikit ke arah selatan dan timur maka ada penunjuk lokasi bertuliskan “Bamboo Forest 50 m”.

Rute Menuju Hutan Bambu Penglipuran

Jika Anda berangkat dari Denpasar dapat ditempuh dalam jarak 50 kilometer atau sekitar 1 jam perjalanan. Harga tiket masuknya beragam mulai dari Rp 15.000/orang dewasa wisatawan domestik, Rp 10.000/anak-anak wisatawan domestik, Rp 30.000/orang dewasa wisatawan asing, Rp 25.000/anak-anak wisatawan asing serta parkir kendaraan sebesar Rp 5.000.

Source https://www.kintamani.id https://www.kintamani.id/hutan-bambu-penglipuran-bangli-tempat-wisata-instagramable-bali-001256.html
Comments
Loading...