Helena Sky Bridge : Jembatan Gantung Batimurung Maros

0 73

Helena Sky Bridge

Helena Sky Brigdge adalah sebuah jembatan gantung yang melintasi alam kawasan wisata Bantimurung. Jembatan yang dibangun dilereng Tebing Gunung Karst TN Babul ini panjangnya mencapai 50 meter lebih. Mungkin ada yang belum tau soal Bantimurung, nah Bantimurung itu adalah sebuah kawasan konservasi yang menjadi habitat atau penangkaran kupu-kupu.

     

Ditaman Nasional Bantimurung sendiri ada 20 jenis kupu-kupu yang dilindungi pemerintah dan ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah. Beberapa spesies unik bahkan hanya terdapat di Sulawesi Selatan, yaitu Troides Helena Linne, Troides Hypolitus Cramer, Troides Haliphron Boisduval, Papilo Adamantius, dan Cethosia Myrana. Antara tahun 1856-1857, Alfred Russel Wallace menghabiskan sebagian hidupnya di kawasan tersebut untuk meneliti berbagai jenis kupu-kupu.

didalam kawasan Taman Nasional Bantimurung ada sebuah jembatan yang diberi nama Helena Sky Brigdge. Jembatan ini merupakan akses menuju kedalam kawasan taman. Dari atas jembatan kita akan melihat banyak sekali pepohonan dan tanaman lainya yang menjadi tempat tinggal kupu-kupu.

Helena Sky Brigdge dibangun diatas tebing setinggi 100 meter. Itulah mengapa Helena Sky Brigdge bisa memberikan sensasi tersendiri menikmati dan melihat alam Taman Nasional Batimurung dari ketinggian.

Helena Sky Brigdge sudah dilengkapi dengan pengamanan yang baik. Jaring yang dibuat disisi jembatan dan juga jumlah maksimal pengunjung yang berdiri diatas jembatan juga selalu dipantau. Oh ya untuk tiket masuknya sekitar Rp 15.000an. Biasanya banyak pengunjung yang mengabadikan moment saat berada di atas Helena Sky Brigdge. Mungkin jika diamati Helena Sky Brigdge mirip dengan jembatan gantung di Situ Gunung Sukabumi atau Canopy Trail di Cibodas.

Taman Nasional Batimurung berada di Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan. Lokasi taman ini tidak terlalu jauh dari kawasan Wisata Air Terjun Bantimurung atu tepatnya disebelah kiri saat menemukan belokan Setelah melewati Patung Monyet Toakala. Akses menuju kawasan ini juga cukup baik, hanya ibutuhkan sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kota Makassar.

Source https://backpackerjakarta.com https://backpackerjakarta.com/helena-sky-bridge-jembatan-gantung-batimurung-yang-memacu-adrenalin/
Comments
Loading...