Hadabuan Hill Napompar, Labura

0 19

Hadabuan Hill Napompar

Labuhanbatu Utara merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara yang juga memiliki keindahan dan kekayaan alam yang melimpah. Berbagai keindahan alam terdapat di kabupaten yang akan berusia 9 tahun pada 21 Juli 2017 ini. Beragam potensi wisata dan kekayaan floras dan fauna terdapat di Kabupaten Labuhanbatu Utara. mulai dari wisata pantai dan air, wisata alam perbukitan dan hutan serta wisata cagar alam lainnya.

Hadabuan Hill, salah satu daerah di Kabupaten Labuhanbatu Utara yang berada di Dusun Napompar,  Desa Pematang, Kecamatan NA IX-X. Memiliki sejuta pesona wisata dan keindahan alam dapat memanjakan mata dan memiliki keberagaman flora dan fauna. Untuk terus menjaga kelestariannya maka diperlukan pengelolaan khusus dari Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara dan Seluruh elemen masyarakat agar keindahan alam serta isinya tak punah. Maka dari itu pengembangan wilayah berbasis ekowisata menjadi pilihan dalam hal ini.

Ekowisata merupakan suatu bentuk perjalanan wisata ke area alami yang dilakukan dengan tujuan mengkonservasi lingkungan dan melestarikan kehidupan dan kesejahteraan penduduk setempat, The Ecotourism Society (1990). Dari definisi tersebut maka dapat diartikan bahwa ekowisata adalah suatu kegiatan wisata bertujuan untuk mengembangkan potensi alam yang dapat menghasilkan kesejahteraan kepada penduduk sekitar. Selain dapat menarik datangnya wisatawan, program ekowisata dapat mengembangkan potensi wisata yang ada di Hadabuan Hill Napompar.

Upaya Pelestarian dan Promosi

Kawasan hutan Hadabuan Hill memiliki keragaman flora dan fauna yang cukup mengagumkan, beberapa jenis burung langka terdapat di sini, tak hanya itu terdapat juga Black Gibbon (siamang sumatera), kemudian Badak Sumatera, Harimau Sumatera, Tapir, Kambing Hutan dan tumbuhan langka dapat ditemukan di kawasan hutan hadabuan hill ini. Tak hanya itu saja, terdapat beberapa lokasi pemandian alam sungai yang indah dan beberapa pepohonan dan bebatuan tentunya dapat menjadi objek wisata yang indah jika dikelola dengan baik.

Hadabuan Hill sebagai Puncak bukit diatas awan Labuhanbatu Utara tentunya dapat dimaksimalkan keberadaannya. Sebagai salah satu bukit terbentang di Negeri Basimpul Kuat Babontuk Elok. Wisata alam berbasis Pergunungan / perbukitan tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang ingin merasakan trekking seru menuju puncak bukit hadabuan. Pelestarian Hutan dengan penanaman pohon tentu perlu semakin ditingkatkan di wilayah konservasi Hadabuan Hill.

Source http://mudanews.com http://mudanews.com/sosial-budaya/2017/07/17/hadabuan-hill-napompar-emas-berbalut-intan-permata-menuju-daerah-ekowisata-labura/http://mudanews.com/sosial-budaya/2017/07/17/hadabuan-hill-napompar-emas-berbalut-intan-permata-menuju-daerah-ekowisata-labura/
Comments
Loading...