Gunung Wilis Wisata Alam di Jawa Timur

0 167

Gunung Wilis

Gunung Wilis adalah salah satu tempat wisata pendakian yang berada di Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Nganjuk, Kediri, Telungagung, Madiun, Ponorogo dan Tranggalek. Dengan memiliki ketinggian 2.169 mdpl, berbagai pendaki dari berbagai daerah datang kesini untuk menikmati wisata alam yang begitu mempesona. Gunung Wilis ini memiliki beberapa objek wisata lainnya seperti air terjun yang tersembunyi yang para wisatawan mengetahuinya, memang keindahan alamnya tidak di ragukan lagi, sehingga menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Gunung Wilis ini.

Uniknya gunung ini berada di 6 titik Kabupaten di Jawa Timur, objek wisata saat ini mulai di kembangkan serta di kelola oleh pihak pihak tertentu di lereng lereng Gunung Wilis, juga terdapat Air Terjun Ironggolo, Air Terjun Dholo yang terletak di Desa Besuki, Kecamatan Jugo, Kediri dan Gereja Batu Puhsarang yang terletak di Kecamatan Semen Kediri, dan banyak lagi objek wisata yang tersembunyi yang terletak di Lereng Gunung Wilis.

Pendakian Gunung Wilis

Untuk mendaki ke Gunung Wilis dari arah timur, pendakian dapat dimulai melalui Kabupaten Kediri tepatnya Kecamatan Mojo. Jalan menuju ke puncak Gunung Wilis sudah dibangun memadai melalui Mojo. Sementara itu dari arah selatan Gunung Wilis dapat didaki dari Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. Apabila ingin mencapai Gunung Wilis dari arah utara, pendakian dapat dimulai dari Kabupaten Nganjuk, sementara dari arah barat, pendakian dapat dimulai dari Kabupaten Ponorogo atau Kabupaten Madiun.

Tidak ada petunjuk apapun karena jalur pendakian Gunung Wilis ini belum begitu dikenal oleh para pendaki dan belum termasuk jalur resmi, namun bisa bertanya pada warga setempat untuk pendakian ke Gunung Wilis. Perjalanan dimulai dengan berjalan mengikuti jalan aspal yang menurun sejauh 20 meter. Sebelum di tikungan aspal ada jalur naik ke arah hutan, jalan berupa tanah yang miring dan itu adalah trek menuju ke Gunung Wilis.

Jalur pendakian Gunung Wilis setelah melalui trek naik yang tidak terlalu panjang, trek berupa jalan setapak kecil yang landai. Jalur ini jarang dilewati oleh pendaki sehingga jalan setapak  mulai tertutup semak di kanan kirinya. Sekitar satu jam perjalanan akan sampai di pos 1, sebuah tanah lapang yang tidak terlalu luas, untuk istirahat sejenak. Waspadai untuk pendakian ke Wilis banyak pacet yang jika berhenti sejenak saja akan menempel di kaki atau bagian tubuh yang lain. Jadi sebaiknya paham beberapa Cara Menghindari Serangan Lintah di Alam Bebas.

Ada jalur ke atas dan kebawah di tempat ini, pilih jalur yang ke bawah. Trek masih tetap dengan jalan setapak kecil yang sempit, dibatasi tebing di kanan dengan jurang di sebelah kiri. Suara Air Terjun Dolo sayup-sayup terdengar bahkan jika cuaca cerah kadang terlihat diantara semak-semak. Banyak pohon tumbang dan tumbuhan berduri yang menggantung, jadi disarankan membawa alat penebas untuk membuka jalan yang masih tergolong alami. Setelah satu jam sampai di sebuah tanah lapang terakhir sebelum summit ke puncak, tanah lapang ini cukup untuk 4-5 tenda dengan pemandangan pegunungan Wilis dengan puncak-puncaknya yang bisa dicapai dari berbagai Kabupaten.

Ada sumber air dari sungai namun harus turun sekitar 20 menit untuk mengambilnya. Trek yang landai akan berubah setelah di pos ini. Jalur pendakian Gunung Wilis menuju puncak akan terus menanjak tanpa bonus hingga ke puncak, dengan jalan setapak yang rapat bahkan tidak tampak. Trek akan melewati punggungan-punggungan bukit dengan jalan yang sempit. Jalur akan terus menanjak dan miring tajam. Hingga sampai di bukit pertama tumbuhan semakin rapat dan jalur tertutup rerumputan lebar setinggi manusia dan alang-alang hingga ke puncak.

Membuka jalur tertutup dan trek panjang yang cukup melelahkan bisa menyita waktu banyak. Butuh waktu sekitar 5 jam dari camp untuk sampai ke salah satu Puncak Gunung Wilis ini. Gunung Wilis mempunyai banyak puncak, salah satunya akrab disebut puncak 17 yang dulunya ditandai dengan susunan batu-batu kecil yang sekarang sudah tidak ada dan hanya gundukan tanah seluas 2 x 2 meter yang menandai salah satu puncak Gunung Wilis ini.

Source http://www.manusialembah.com http://www.manusialembah.com/2015/06/pendakian-puncak-gunung-willis-via.html
Comments
Loading...