Gunung Tidore, Maluku Utara

0 67

Gunung Tidore

Gunung Tidore atau gunung kie matubu merupakan gunung api tidak aktif yang berada di pulau tidore Maluku utara. Gunung ini memiliki ketinggian 1730 Mdpl lebih tinggi 15 mdpl dari gunung gamalama di pulau ternate. Cerita pendakian kami dimulai dari pelabuhan spit bastiong ternate, dari pelabuhan bastiong kita menuju ke pelabuhan Rum, Tidore.

Dengan durasi kurang lebih 20 menit perjalanan menggunakan kapal kayu (layaknya spit boat, kapal kayu digunakan untuk mengangkut penumpang yang menyeberang dengan menggunakan motor). Sabtu 26 Maret 2016 kami melakukan pendakian gunung tidore bersama 14 orang yang berasal dari desa Rum,Tidore ditambah dengan kami berempat dari ternate.

Pendakian gunung tidore dapat dilakukan melalui 2 jalur, jalur Desa Gurabunga dan Desa Ladake. Kedua desa ini bertetangga. Kami mulai start melewati Desa Ladake. Jalur pendakian lewat Desa Ladake, sama seperti jalur gunung pada biasanya, dengan melewati perkebunan warga yang mayoritas perkebunan tomat sampai dengan tanaman bambu yang kami lewati selama 1 jam perjalanan.

Jalur yang kami lewati merupakan jalur sunyi dan melewati kali mati yang kering disaat kemarau. Setelah 3 jam perjalanan kami mulai melewati hutan semak dengan ketinggian orang dewasa yang menutupi pandangan dari jalur sekaligus menandakan bahwa kami telah dekat dengan puncak “Kie Matubu”.

Dekat dengan puncak membuat tantangan semakin terasa lebih berat dengan tenaga yang tersisa dan juga diselimuti kabut dan angin yang normal untuk daerah pegunungan. Layaknya Gunung Gamalama Ternate. Gunung Tidore juga memiliki cerita sejarah yang sampai saat ini masih tetap dijaga oleh masyarakat asli Tidore.

Seperti memiliki batas suci, membuang air di dalam botol, dan beberapa tempat keramat yang berada di sekitar puncak Gunung Tidore. Sumber air di gunung tidore banyak tersedia di jalan jika tidak musim kemarau, dan terdapat mata air di bagian timur puncak gunung Tidore.

Source https://pinginjalan.wordpress.com https://pinginjalan.wordpress.com/2016/03/29/jalur-pendakian-gunung-tidore-kie-matubu-1730-mdpl/
Comments
Loading...