Gunung Surowiti Memiliki Keindahan Alam di Gresik

0 113

Gunung Surowiti

Gunung Surowiti adalah salah satu obyek wisata yang ada di Desa Surowiti, Panceng-Gresik. Bagi anda yang menyukai jenis wisata religi maka tempat ini cocok untuk anda. Anda bisa datang kesana dengan teman-teman, keluarga ataupun juga sendiri. Sembari refreshing, anda bisa mengetahui beberapa sejarah mengenai tempat ini dan juga kota Gresik karena tempat ini merupakan Petilasan Sunan Kalijaga.

Daya Tarik Gunung Surowiti

Daya tarik utama obyek wisata dari Gunung Surowiti sendiri adalah komplek petilasan Sunan Kalijaga beserta beberapa makam tua yang ada di sebuah goa yang bernama Goa Langseh. Di tempat yang masih terjaga kelestariannya ini Sunan Kalijaga semasa muda pernah bersembunyi di sana. Di tempat itulah Sunan yang mempunyai nama muda Brandhal Lokojoyo itu digembleng dan dididik oleh Sunan Bonang hingga menjadi seorang yang mampu menyiarkan agama islam sekaligus dinobatkan sebagi Sunan Kalijaga.

Namun untuk masuk ke dalam goa memang agak susah, terlebih lagi saat musim penghujan. Jalan menuju dalam goa berupa tumpukan bebatuan dengan kemiringan curam. Ini yang menyulitkan orang masuk ke dalam goa. Selain sebagai wisata religi orang-orang yang ingin berziarah ke makam Sunan Kalijaga, di obyek wisata ini juga banyak digunakan untuk berbagai kegiatan seperti pusat diklat, perkemahan, wahana outbound, dan lain – lain. Jadi anda tidak harus ikut berziarah juga melainkan bisa bersantai menikmati pemandangan di sekitar.

Akses Menuju Gunung Surowiti

Anda yang berencana datang kesana bisa menggunakan kendaraan pribadi anda. And bisa langsung mengarahkan kendaraan anda 35 Km jalur pantura lalu masuk ke Selatan sekitar 4 Km. Tranportasi dengan kendaraan roda empat sudah dapat mencapai sampai kaki Komplek Petilasan. Namun untuk kendaraan besar seperti bus masih belum bisa masuk ke area wisata karena jalan yang sempit.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Gunung-Surowiti
Comments
Loading...