Gunung Sojol, Sulawesi Tengah

10 Gunung Paling Populer Di Sulawesi Tengah
0 78

Gunung Sojol

Gunung Sojol 3025 mdpl merupakan salah satu Gunung tertinggi di propinsi Sulawesi Tengah, Gunung dengan ketinggian mencapai 3025 mdpl (data peta Bakosurtanal) terletak di Kecamatan Sojol Utara Kabupaten Donggala, Kecamatan sojol berjarak 190 Km dan memakan waktu perjalanan delapan jam dari Palu Ibukota Propinsi Sulawesi Tengah.

Para pendaki biasanya memulai pendakian dari salah satu desa di kaki gunung sojol yaitu desa Siboang, untuk mencapai Desa ini dari kota Palu bisa menggunakan jasa angkutan umum dari terminal Mamboro palu dengan biaya Rp.100.000. Seperti umunya pendakian ke Gunung lainnya di Sulawesi Tengah, pendakian gunung sojol termasuk pendakian berat, hal ini dikarenakan panjangnya jalur/lintasan pendakian yang disebabkan titik strat pendakian yang dimulai dari bawah (-50 mdpl), berbeda dengan pendakian beberapa gunung dijawa yang titik start berkisar 500-1000 mdpl.

 

Selain itu kondisi medan yang sangat alami juga menyulitkan para pendaki, pendakian ke gunung Sojol bukan sebatas trekking atau hiking saja, jarangnya pendakian ke gunung ini menyebabkan setiap pendaki harus membuka/merintis jalur sendiri, termasuk menentukan arah lintasan yang akan ditempuh, ditambah dengan kondisi hutan tropis yang sangat rapat. Dengan kondisi medan seperti diatas, kesiapan tim pendakian harus benar-benar matang, mulai dari perlengkapan navigasi, perbekalan hingga golok untuk merintis jalur.

Bahasa Laoje atau banyak yang menyebutnya sebagai “bahasa burung” harus kita pelajari untuk meredam kebuasan suku ter-asing di pedalaman Sojol. Fuyul (Gunung) Sojol berada di kawasan pegunungan Ogoamas, termasuk wilayah Kecamatan sojol utara, Kabupaten Donggala, Propinsi Sulawesi Tengah. Gunung dalam kawasan cagar alam ini terletak di antara sisi barat timur perairan laut Sulawesi Tengah. Untuk mendaki Sojol dari sisi pantai barat, yang akan menjadi awal pendakian ini, ada kendala untuk mendapatkan informasi yang akurat. Berbeda dengan sisi timur yang dilalui jalur trans Sulawesi.

Jika membuka Jalur pilih jalur yang lebara agar mudah menembusnya. Kabut tebal gunung sojol turun sangat cepat ketika sampai di dataran sekitar puncak. Pandangan ke sekitar akan sangat terbatas baik oleh rapatnya pohon dan kabut yang semakin tebal dan mulai menurunkan gerimisnya. Triangulasi Konon menurut cerita, di puncak Sojol terdapat triangulasi walaupun pada peta sama sekali tidak digambarkan adanya triangulasi tersebut. Angin dari lembahan dengan suhu puncak sampai 6°C akan terus menerjang diiringi suara yang menyeramkan akan menemani kita sampai kita kembali.

Source https://www.facebook.com https://www.facebook.com/padi.explorer/posts/gunung-sojol-3025-mdpl-merupakan-gunung-tertinggi-di-propinsi-sulawesi-tengah-gu/875405869269411/
Comments
Loading...