Gunung Sinabung: Gunung Berapi dengan Pemandangan yang Indah

0 10

Gunung Sinabung

Bepergian ke daerah yang memiliki udara segar dan sejuk dengan pemandangan yang menakjubkan di dataran tinggi sangat dibutuhkan untuk menenangkan mata. Secara geografis berada pada 3 ° 10 ‘Lintang Utara dan 98 ° 23,5’ Bujur Timur, Gunung Sinabung terletak di Kabupaten Karo, Propinsi Sumatera Utara. Gunung megah dengan tinggi 2.460 meter ini memiliki total empat kawah vulkanik.

Ada tiga rute pendakian gunung berapi yang dahsyat. Salah satunya ditandai dengan baik dan dua lainnya kurang jelas. Karena cuaca yang tidak dapat diprediksi, yang terbaik adalah selalu mendaki dengan pemandu yang berpengalaman. Hutan lebat di sisi pegunungan mengarah ke kawasan Taman Nasional Gunung Leuser yang luas, memiliki pemandu berpengalaman sangat penting untuk menghindari Anda tersesat.

Tempat pemandangan dirancang bagi pengunjung untuk melihat panorama Gunung Sinabung yang megah dari zona aman. Ada tiga zona aman untuk melihat panorama yang indah atau Sinabung yaitu Desa Tiga Pancur di Simpang Empat, Desa Perteguhan dan Desa Tiga Kicat Naman Teran. Desa-desa ini terletak sekitar 7-8 km dari pusat erupsi, yang menjadikannya tempat ideal untuk melihat.

Tempat lain yang bagus untuk melihat kemegahan Gunung Sinabung adalah Bukit Gundaling. Dari bukit hijau yang sangat indah ini, Anda bisa menunggang kuda untuk menjelajahi sekitar. Berdiri di ketinggian 1.575 meter di atas permukaan laut, tempat yang indah dengan taman luas ini berjarak hanya 3 km dari pusat kota Berastagi.

Tanah vulkanik yang subur dan suhu kota yang sejuk membuatnya ideal untuk menanam buah, sayuran dan bunga. Pasar bunga dan buah Berastagi adalah surga warna-warni produk pilihan yang masih segar. Anda akan menemukan buah-buahan eksotis dan bunga yang wangi di puluhan warung. Festival buah dan bunga sekali setahun diadakan untuk merayakan musim panen.

Transportasi Sekitar

Sepeda motor, taksi dan minibus adalah beberapa kendaraan yang bisa Anda sewa di daerah ini untuk berkeliling dan melihat-lihat di sekitar kawasan Berastagi. Selain panorama epik Sinabung, dan hutan hijau subur yang membentang di sepanjang jalan, Anda juga bisa menikmati pemandangan Danau Lau Kawar tepat di kaki gunung. Setelah mendaki yang menggembirakan ke Gunung Sinabung, inilah tempat yang tepat untuk melepas lelah. Dipagari oleh perbukitan hijau dan angin sepoi-sepoi yang sejuk, Anda bisa bersantai dan mendayung perahu sewaan untuk bersantai di sekitar danau. Ada juga tempat berkemah di dekatnya untuk menginap di malam hari.

Akses Menuju Gunung Sinabung

Untuk sampai ke Gunung Sinabung dari Medan, Anda perlu menuju ke Berastagi, sebuah kecamatan yang indah yang terkenal dengan buah markisa. Cara terbaik adalah menyewa mobil pribadi, minibus atau taksi untuk sampai ke sana karena bus umum mungkin tidak nyaman.

Anda juga bisa meminta bantuan agen perjalanan untuk mendapatkan pilihan terbaik untuk mencapainya. Sedangkan untuk bus umum, Anda bisa menuju ke Jalan Ginting Padang Bulan Medan dan naik bus bernama “Sumatera Transport” atau “Sinabung” untuk membawa Anda ke Berastagi. Jaraknya sekitar 66 km ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam perjalanan. Dari Berastagi, Anda bisa berkendara ke salah satu titik awal untuk mendaki Gunung Sinabung di Desa Sigarang-garang, Lau Kawar-Mardinding.

Source https://www.pedomanwisata.com https://www.pedomanwisata.com/wisata-alam/wisata-gunung-pegunungan/gunung-sinabung-gunung-api-yang-dahsyat-dengan-pemandangan-yang-indah
Comments
Loading...