Gunung Seulawah Agam, Spot Pendakian Terbaik di Aceh

0 169

Gunung Seulawah Agam

Gunung Seulawah Agam memang menjadi salah satu tempat favorit untuk mendaki. Di gunung ini terdapat hutan tropis yang didominisi dengan pohon-pohon besar yang tumbuh subur. Kelestarian dari gunung ini cukup terjaga, banyaknya pepohonan membuat suasana dalam pendakian akan semakin terasa dingin dan segar. Secara administratif, gunung ini terletak pada dua kabupaten sekaligus yaitu Kabupaten Pidie dan Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Untuk mencapai lokasi dari Gunung Seulawah Agam wisatawan harus menempuh jarak kurang lebih 70 kilometer atau melakukan perjalanan selama 1,5 jam dari Banda Aceh.

 

Puncak Gunung Seulawah Agam memiliki ketinggian mencapai 1800 meter dari atas permukaan laut. Selain itu, juga terdapat nama-nama lain yang sering digunakan untuk menyebut gunung ini, seperti Solawa Agam, Selawadjanten, Solawaik Agam, dan juga Goldberg. Entah dari mana nama-nama tersebut berasal, namun nama-nama ini memang sering digunakan untuk menyebut gunung ini.

Gunung Seulawah Agam merupakan sebuah gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini meskipun tak seaktif Gunung Merapi yang ada di Yogyakarta. Sebuah sumber mengatakan gunung ini terakhir meletus pada tahun 1839. Pada tahun 2013, gunung ini diprediksi akan kembali meletus setelah terjadi gempa disekitarnya berkali-kali. Gunung ini memiliki kawah yang dikenal dengan nama Kawah Heutsz.

Secara umum Gunung Seulawah Agam memiliki kontur kemiringan sekitar 50 derajat yang cukup landai, sehingga mudah untuk dilalui oleh pendaki. Hanya terdapat sedikit medan yang menantang dengan kemiringan hingga 70 derajat sepanjang kurang lebih 500 meter. Selain itu, telah terdapat jalur pendakian yang dibuat sehingga memudahkan pendaki pemula yang pertama kali mendaki di gunung ini.

Mendaki Gunung dan Camping

Gunung Seulawah Agam memang menjadi salah satu tempat favorit untuk mendaki gunung di Aceh. Bahkan ada sebuah ungkapan, pendaki dari Aceh yang belum bisa menaklukkan gunung ini belum bisa dikatakan sebagai pendaki sejati. Jika kamu merupakan seorang pecinta alam dan hobi mendaki, maka gunung ini wajib menjadi destinasi petualanganmu selanjutnya.

Memiliki kontur pendakian yang tak terlalu sulit, serta menawarkan panorama alam yang indah menjadi nilai utama gunung ini. Selain itu, kamu juga bisa bermalam didalam hutan dengan membangun tenda. Menghabiskan malam hari yang dingin, dengan api unggun serta orang-orang terdekat tentu menciptakan suatu momen yang tak akan terlupakan seumur hidup.

Menikmati Keindahan Alam

Gunung Seulawah Agam juga menawarkan panorama alam yang begitu memukau. Jika kamu mendaki gunung ini, kamu bisa melihat betapa alaminya hutan yang masih terjaga kelestariannya. Pohon-pohon besar ratusan tahun, serta berbagai flora dan fauna yang menghiasi hutan ini juga menjadi daya tarik wisatawan.

Kamu bisa menikmati udara segar serta hawa sejuk ketika berada dipuncak gunung. Selain itu, kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan sekitar yang hijau ditumbuhi dengan pepohonan. Tempat ini memang sangat cocok bagi kamu yang ingin mengasingkan diri sejenak dari hingar bingar keramaian kota.

Hunting Foto

Jika kamu seorang pencinta fotografi, maka tak ada salahnya berburu foto di Gunung Seulawah Agam. Terdapat banyak sekali objek indah, yang bisa kamu abadikan dengan kameramu. Kamu juga bisa berfoto selfie, mengabadikan momen bersama teman-teman ketika mendaki gunung.

Tak jarang, banyak fotografer yang rela mendaki demi mengabadikan keindahan puncak Gunung Seulawah Agam. Tak sedikit pula, yang menjadikan tempat wisata ini sebagai background untuk foto prewedding.

Tips Berwisata di Gunung Seulawah Agam

  • Persiapkanlah kondisi fisik sebelum berencana mendaki di gunung ini.
  • Jangan teruskan pendakian jika kondisi cuaca sedang buruk.
  • Bawalah perbekalan secukupnya seperti makanan dan minuman.
  • Bawalah baju hangat, jaket, kupluk dan lainnya karena udara di gunung ini sangat dingin.
  • Selalu taati peraturan dan ikuti jalur pendakian yang ada.
  • Jangan membuang sampah sembarangan, serta jangan merukan ekosistem yang ada di hutan.
Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Gunung-Seulawah-Agam
Comments
Loading...