Warning: unlink(/tmp/dfa16b13c44bbe524bb9588b94873dba-bnaZz8.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Gunung Sanggabuna di Karawang

0 180

Gunung Sanggabuna

Gunung Sanggabuna adalah gunung yang terdapat dalam wilayah Kab Karawang. Dengan Cara administratif gunung ini berada di Desa Mekarbuana, Tegalwaru, Karawang, Kab Karawang. Ketinggian gunung ini ialah 1291 mdpl & adalah gunung teratas & satu satunya di Karawang. Gunung Sangga Buana terletak di perbatasan empat Kab, yakni di sebelah utara ada Kab Karawang, sebelah timur ada Kab Purwakarta, sebelah selatan ada Kab Cianjur & sebelah barat ada Kab Bogor . waktu ini status kawasan hutan gunung Sanggabuana masuk dalam type hutan produksi & sedang diusulkan jadi hutan lindung buat mencegah meluasnya kerusakan hutan di wilayah tersebut.

Keindahan Gunung Sanggabuna

Hutan gunung Sanggabuana masihlah pass terawat. Di hutan gunung ini kita masihlah akan menikmati pepohonan yang tumbuh liar sampai mencapai ketinggian puluhan meter berjejer disana. Bahkan pepohonan segede truk yang kalau kita berdiri di pangkal pohonnya dapat tampak amat sangat mungil di bandingkan pohonnya, tetap sanggup ditemui disini.

Pohon kemenyan tumbuh liar di hutan gunung ini. Di puncak Gunung Sanggabuana terdapat sekian banyak makam yang tidak jarang dikunjungi oleh para pejiarah. Salah satunya ialah makam Ki Sapujagat. Di puncak Gunung ini pula akan nampak bidang kota Karawang. Bahkan bendungan Jatiluhur yang berada di Kab Purwakarta serta nampak terang dari puncak Gunung Sanggabuana.

Pendakian Gunung Sanggabuana

Jurusan pendakian gunung melalui Karawang terbilang pass terjal, namun segera & terang rutenya. Membutuhkan dikala lebih kurang 6-7 jam buat hingga ke puncaknya. Di awal trayek pendakian kita dapat menemukan areal pesawahan penduduk bersama latar barisan bukit yang amat sangat indah. Selang sekian banyak disaat sesudah areal pesawahan, kita dapat melintasi Kampung Situ, merupakan suatu desa terakhir yang kita jumpai yang cuma terdiri dari sekian banyak keluarga saja. Di desa mungil ini kita dapat menemukan sekian banyak kuburan yang sesuai berada ditengah jalan.

Sesudah perkampungan mungil tersebut kita dapat menemukan areal perkebunan kopi yang lumayan luas. Sesudah itu kita bakal memasuki hutan yang tak demikian rapat. Di tengah perjalanan kita bakal menjumpai suatu shower, & warga kurang lebih Gunung Sangga Buana menyatakan shower ini dgn nama Pancuran Kejayan. Di sekitaran shower ini pula terdapat bangunan mungil yang rata rata dijadikan ruangan berjualan diwaktu tidak sedikit visitor atau peziarah.

Tips Pendakian Gunung Sanggabuana

1. Rencanakan perjalanan anda dan lebih baik bertanya kepada petugas atau warga sekitar.
2. Persiapkan Fisik dan mental untuk lamanya pendakian yang akan ditempuh.
3. Pelajari setiap medan dan rute yang akan ditempuh agar tidak terjadi kesalahan.
4. Pempersiapkan perlengkapan yang efektif dan berdaya guna besar.
5. Mengatur manajeman logistik dan bahan makanan yang mencukupi.
6. Memperoleh izin dan melapor pada pos pendakian yang tersedia.
7. Membawa baju hangat dan kupluk, karena pada saat malam suhu akan menurun.
8. Tidak merusak alam dan menjaga lingkungan sebaik-baiknya.

Source http://epictio.com http://epictio.com/tempat/gunung-sanggabuana/
Comments
Loading...