Gunung Sago, Sumatera Barat

0 11

Gunung Sago

Gunung Sago merupakan sebuah gunung yang terletak di daerah Sumatera, tepatnya di Kecamatan Lareh Sago Halaban,Luhak dan Situjuh Lima Nagari, kabupaten Lima Puluh Kota, provinsi Sumatera Barat, Indonesia.

Gunung Sago yang mempunyai ketinggian 2.261 meter diatas permukaan laut (mdpl) adalah termasuk ke dalam kategori gunung merapi yang meletus pada tahun 2010 lalu, padahal gunung ini memang sudah lama tidak aktf sejak tahun 1600’an dan tidak pernah menunjukan aktifitas ataupun gejala yang biasa ditimbulkan oleh sebuah gunung merapi seperti yang terjadi pada gunung merapi lainnya.

  

Misalnya pada gunung Tandike dan Talang yang sudah biasa memuntahkan lahar seperti biasanya. Namun gunung ini terakhir dikabarkan pada tahun 2010 lalu gunung ini meletus dan menunjukan kekuatan dan keberadaanya bahwa ia adalah sebuah gunung berapi. Sebenarnya Gunung ini sudah terpantau sejak tahun 2008 oleh badan yang menangani aktifitas gunung dan bumi atau pusat geologi yang diperkuat dengan adanya hasil visualisasi dari satelit milik Google.

Keindahan Gunung Sago Yang Tersembunyi

Dari sekian banyak pegunungan di Indonesia yang menyimpan keindahan yang tersembunyi, Gunung Sago mempunyai daya tarik tersendiri yang menantang untuk kita kunjungi, Keindahan Panorama yang bisa anda dapatkan di Gunung Sago memang sudah sangat terkenal di kalangan kabupaten yang memiliki 50 kota tersebut. Dari puncak Gunung Sago kita akan menikmati betapa indahnya pemandangan dibawahnya.

Dari puncaknya kita akan menyaksikan betapa indahnya pemandangan Kabupaten 50 Kota dan Kota Payakumbuh. Dari puncaknya kita serasa berada diatas khayangan. Kita bisa melihat indahnya awan. Dari puncaknya kita seperti membayangkan berada di kota di atas langit. Udara di lereng Gunung Sago yang cukup dingin bisa membuat suasana tenang dan tentunya menyegarkan kita yang sudah menghabiskan waktu untuk bekerja. Dan puncak gunung yang menantang banyak orang untuk menaklukannya.

Fasilitas dan Akomodasi Gunung Sago

Untuk fasilitas dan secara resmi masih belum tersedia di kawasan Gunung Sago, Namun jika anda membutuhkan angkutan atau rumah untuk menginap anda bisa menyewanya dari warga sekitar di kaki gunung. Ada warung dan toko di sekitar rumah warga setempat yang menyediakan kebutuhan makanan dan minuman.

Namun belum tersedia toko peralatan pendakian atau barang yang mendukung untuk aktifitas hiking. Sebelum melakukan perjalanan wisata atau pendakian ke gunung ini anda sebaiknya mempersiapkan perbekalan dan peralatan yang akan anda butuhkan selama masa pendakian di rumah atau di kota besar yang bisa menyuplai kebutuhan anda. Agar anda bisa nyaman melakukan perjalanan liburan di Gunung Sago.

Source http://epictio.com http://epictio.com/tempat/gunung-sago/
Comments
Loading...