Gunung Rogojembangan Punya Jalur Pendakian yang Eksotis

0 308

Gunung Rogojembangan

Gunung Rogojembangan merupakan salah satu wisata alam yang memang tidak sepopuler dengan Gunung Prau yang masih berada dalam satu kawasan di Dataran Tinggi Dieng. Padahal puncak Gunung Rogojembangan juga memiliki pemandangan yang tidak kalah indah. Gunung Rogojembangan terletak di perbatasan antara Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Banjarnegara dan merupakan salah satu rangkaian Pegunungan Serayu Utara yang membentang dari Pegunungan Dieng sampai Gunung Slamet.

Ketinggian Gunung Rogojembangan

Gunung Rogojembangan mempunyai ketinggian sekitar 2117 mdpl dan bisa dijangkau melalui 2 akses pendakian yaitu melalui Kecamatan Wanayasa, Banjarnegara dan Kecamatan Petungkriyono, Pekalongan. Tapi jalur pendakian yang paling banyak dilalui adalah melalui Desa Gumelem, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan yang bisa dijangkau selama 3 jam perjalanan menuju puncaknya.

Puncak dari Gunung Rogojembangan ini bentuknya hanya sebesar lapangan badminton yang berupa tanah datar. Puncak tersebut dulunya berbentuk cekung sehingga masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama Jambangan. Selama perjalanan menuju puncak, kita akan disuguhi dengan pemandangan yang indah tapi dengan jalur yang cukup curam. Ada beberapa air terjun yang bisa kita temui selama perjalanan, selain itu yang paling unik adalah kita bisa menemukan tumbuhan  kantung semar  dan anggrek putih yang merupakan tumbuhan endemik dan banyak tumbuh di hutan tropis sekitar Gunung Ragajembangan.

Keindahan Gunung Rogojembangan

Seperti gunung-gunung lainnya, Gunung Rogojembangan juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk camping dan menikmati keindahan alam. Terutama keindahan matahari terbit yang bisa kita saksikan pada pagi hari. Puncak Gunung Rogojembangan ini tidak terlalu besar sehingga hanya bisa menampung sedikit pendaki yang akan bermalam dengan suasana yang lebih tenang. Dari puncak Gunung Rogojembangan ini kita juga bisa melihat pemandangan ke arah wilayah Kabupaten Pekalongan yang masih terlihat hijau dan menyegarkan mata.

Akses Pendakian Gunung Rogojembangan

Gunung Rogojembangan mempunyai ketinggian kira kira 2117 mdpl. Gunung ini mempunyai 2 akses pendakian, yg mula-mula sanggup lewat kecamatan wanayasa Kab Banjarnegara & Kecamatan Petungkriono Kab Pekalongan. Ada sekian banyak desa yg mengelilingi kaki gunung ini adalah : Gumelem, Semego, Balun & Karang Tengah. Tetapi jurusan pendakian yg lebih sering dilalui yakni dari desa Gumelem & lewat desa Semego.

Source wisata wikipedia
Comments
Loading...