Bukit Teletubies Gunung Rinjani Lombok

0 56

Gunung Rinjani

Rinjani merupakan salah satu gunung disucikan oleh umat Hindu, karena dipercayai merupakan tempat tinggal para dewa-dewa. Ketika Lombok memiliki destinasi wisata pantai, gunung Rinjani pun tak kalah menawan dari pantai yang ada di Lombok. Deretan Pantai Gili yang menawan dan memikat sepasang mata.

Perjalan dimulai sesampainya di Lombok, dan menuju Desa Sembalun menggunakan truk pasir. Desa Sembalun merupakan salah satu jalur masuk keTaman Nasional Gunung Rinjani. Sebelum kalian memasuki wilayah gunung ini, kalian dapat menikmati pemandangan di wilayah Bukit Tiga Dara.

Mendengar bukit teletubies? Nah, di basecamp Sembalun kalian dapat menemui bukit tersebut. Bukit itu dihiasi savana yang menyengat dan udara yang segar. Nama dari savana ini ialah Savana Sembalun.Angin padang yang bertiup membuat ilalang-ilalang melambai bagai jutaan rajutan yang begitu indah. Ada eksotisme yang tidak dapat ditinggalkan disana.

Kabut mulai turun ketika mendekati PlawanganSembanlun dan kawasan ini sangat cocok untuk mendirikan pos ke3 dan untuk beristirahat. Setelah, kalian melanjutkan perjalanan kembali. Kalian akan berdiri di Bukit penyiksaan, sebuah nama tempat yang kalian lewati pada pendakian hari kedua. Perbukitan terjal ini memang membuat kalian tersiksa karena tanjakan yang seakan tak pernah habis atau puncak semu, bukit yang banyak dan selalu berkabut.

Jalur alternatif adalah Bukit penyesalan, tanjakannya relatif lebih landai tapi jarak tempuh lebih lama. Tapi di sepanjang perjalanan hari itu, pemandangan sangat surreal. Sensasinya mirip berjalan di dunia khayal film sciencefiction.Sesampainya di pos plawangan sembalun, awan sudah berada sejajar dengan kaki kami. Disini hawanya memang lain, sudah terasa benar-benar di alam liar, alam para petualang.PlawanganSembalun Sore HariSunset ditemani bunga edelweiss dan awan dibawah kaki. Fantastis!Indonesia memang luar biasa!

Plawangan Sembalun adalah pos terakhir sebelum puncak, dengan ketinggian sekitar 2700 mdpl. Dan trek berpasir sangat menyulitkan pergerakan.

Jalur menuju puncak adalah pasir, mirip seperti di semeru. Jalur ini sangat mengerikan, kiri-kanan langsung jurang yang lebar. Saya sangat setuju summitattack dimulai malam hari sehingga mental kalian tidak jatuh duluan melihat jalurnya.

Puncak Rinjani, yak sebuah perjuangan, usaha, doa selalu mengiringi ketika kalian  berusaha untuk tetap diatas. Karena penaklukan gunung tidak semudah seperti menyusuri ebuah pantai ataupun menyusuri sebuah gedung bioskop yang berjalan luas dan bahkan tertata apik.

Di puncak ini pun kalian dapat melihat sisi Pulau Lombok dari manapun. Pulau Bali yang tertata apik. Dan terlihat Gunung Agung di Bali berdiri dengan angkuhnya. Melihat kaldera rinjani dengan garis enam kilometer.

Menuju Segara anak adalah Bukit-bukit seperti zaman purbakala di hadapan kami. Imajinasi saya mengatakan kalo ada T-Rex disini pasti bagus.Danau segara anak memberikan kejutan yang luar biasa, hot spring! Ahhh, rasanya nikmat sekali berendam di air panas setelah perjalanan yang melelahkan. Rinjani memang penuh dengan kejutan. Saya hampir berendam disana dua jam lebih ditemani  monyet-monyet liar yang ingin mencuri makanan. Memancing disini pun tidak kalah menyenangkan karena ikan yang besar. Kalian pasti akan berteriak dan mengagumi Indonesia. Seperti ingin menaklukan punck gung di Indonesia dan berkata Saya Cinta Indonesia.

 Kalian para pecinta hicking harus mngunjungi gunung Rinjani, dan taklukan puncak gunung ini. Begitu cantik puncak Rinjani ini. Seperti keindahan yang tak boleh terlewatkan.

Comments
Loading...