Gunung Putih : Obyek Wisata Menyenangkan di Kalimantan Utara

0 97

Gunung Putih

Gunung Putih merupakan salah satu obyek wisata yang terkenal di Kabupaten Bulungan, dan memang banyak orang yang datang untuk berkunjung ke tempat ini. Lokasinya berada di Desa Gunung Putih Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara.

  

Tempat ini merupakan Gunung Kapur yang merupakan ikon penting bagi Tanjung Palas yang pada masanya dahulu merupakan ibukota salah satu kesultanan yang paling berpengaruh di utara Kalimantan timur. Disebut Gunung Putih karena gunung ini merupakan gunung kapur berwarna putih yang sangat indah dengan relief-relief yang alami bak pahatan seorang seniman. Untuk mencapai obyek wisata ini, Anda bisa menggunakan mobil langsung menuju daerah Tanjung Palas, namun perjalanannya agak jauh. Alternatif yang lebih cepat adalah dengan menyeberang ke Tanjung Palas dengan perahu dan dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan mobil ataupun motor. Waktu yang ditempuh kira-kira satu jam perjalanan untuk sampai ke lokasi obyek wisata ini.

Jika Anda berkunjung ke Bulungan dengan melewati jalur sungai, dari kejauhan kalian akan melihat Gunung Putih. Itu tandanya Anda sudah dekat dengan gerbang Kota Tanjung Selor sekaligus memasuki pusat kebudayaan Bulungan di Tanjung Palas. Gunung Putih merupakan salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi sekedar melepas lelah. Keindahan Gunung Putih memang sangat natural. Kita disuguhi keindahan pemandangan yang menyejukan mata, ada sungai kecil disisi gunung, kemudian bebatuan yang ukuran cukup besar serta pemandangan hijau yang menyenangkan.

Untuk sampai ke puncak gunung, kita bisa melewati gundukan anak tangga yang lumayan cukup panjang, dan cukup melelahkan, tapi jika Anda penggemar Hiking perjalanan ini sangat menyenangkan. Setelah sampai di teras gunung, maka kita akan mendapatkan suatu pemandangan alam yang eksotis dengan udara yang sejuk. Obyek Wisata ini menyediakan fasilitas untuk beristirahat berupa pondok untuk berteduh ketika mendaki. Pondok ini berada di titik-titik tertentu dimana pengunjung butuh istirahat. Di gerbang pendakian, terdapat beberapa permaian untuk menghibur anak-anak yang berkunjung ke Gunung Putih.

Kita dapat menikmati pemandangan sambil duduk-duduk santai diatas gudukan bebatuan yang cukup besar, ada juga dua titik utama yang biasa di kunjungi orang di Gunung Putih, yaitu dipuncak gunung yang paling tinggi. Dari atas sana kita bisa memandang hamparan perumahan penduduk, biasanya para pencinta alam tidak akan melewati momen yang indah itu. Titik lain yang juga dikunjungi adalah gua bawah tanah yang terletak dibelakang lereng gunung. Untuk sampai kesana mungkin sekitar 10 sampai 15 menit dari teras gunung, kita dapat jalan memutari gunung hingga dapat melihat pemandangan yang asri bagi pengunjung, sebab dari sisi gunung tersebut belum banyak terjamah tangan-tangan manusia, sehingga menambah keindahan pemandangan di bawahnya.

Tidak ada biaya untuk memasuki kawasan wisata Gunung Putih. Tempat ini selain sebagai tempat wisata, ternyata juga bisa berfungsi sebagai lokasi olah-raga yang tepat. Ingat, mengunjungi Gunung Putih Tanjung Palas ini, sebelum mendaki harus dalam kondisi tubuh bugar, perut jangan lapar supaya tidak lemas, serta dianjurkan membawa banyak bekal air minum.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/kalimantan-utara/gunung-putih-pengalaman-wisata-menyenangkan-di-kalimantan-utara.html
Comments
Loading...