Gunung Peyek, Wisata Pemandian Air Panas di Tengah Sawah

0 252

Pemandian Gunung Peyek

Kapur Ciseeng Bogor merupakan salah satu wisata alam yang berada di Bogor, memang wisata ini sudah dikenal sebagai tempat wisata sekaligus tempat pemandian air panas di perbatasan Bogor dan Tengerang Selatan. Namun, siapa yang menyangka jika di Ciseeng Bogor ini juga menyimpan wisata tersembunyi yang luar biasa cantiknya. Lokasi ini disebut oleh warga sebagai mata air panas Gunung Peyek Ciseeng Bogor.

Keindahan Pemandian Gunung Peyek

Terdapat tiga lubang yang membentuk kolam alami air panas yang mengalir sepanjang tahun. Bau belerang sudah lumrah tercium dari lokasi wisata tersembunyi ini. Dari kejauhan terlihat seperti gundukan putih gunung kapur yang menjadi asal usul mengapa tempat ini disebut sebagai Gunung Peyek. Hingga kini, kawasan ini belum dibuka sebagai tempat wisata umum mengingat lokasinya cukup sulit dan harus dilalui dengan berjalan kaki di tengah pematang sawah.

Tidak seperti pemandian air panas alami pada umumnya yang biasanya berada di lereng atau kaki gunung, lokasi Gunung Peyek ini berada di tengah-tengah persawahan warga. Kata “gunung” pada nama pemandian ini sama sekali tidak merepresantikan sebuah gunung. Mungkin karna lokasi air panasnya berada di sebuah bongkahan batu yang lebih tinggi dari rata-rata tanah di sekitarnya sehingga warga setempat menamainya Gunung Peyek.

Akses Menuju Pemandian Gunung Peyek

Lokasi pemandian ini berada di Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor. Untuk menuju ke Gunung Peyek, aksesnya sangat mudah, cukup ketik di Google Maps “Gunung Peyek”, tinggal ikutin aja deh arah jalannya. Penting untuk diketahui, di Ciseeng ada sebuah pemandian yang namanya lebih dulu dikenal yakni Tirta Sanita. Pemandian Gunung Peyek bukanlah Tirta Sanita jadi jangan sampai salah lokasi. Pun ketika harus betanya ke warga sekitar, terangkan kepada orang yang kamu tanya bahwa tempat yang hendak kamu cari adalah pemandian air panas Gunung Peyek yang lokasnya di tengah sawah.

Memang cukup sulit untuk bisa sampai ke lokasi pemandian air panas Gunung Peyek. Mengingat lokasinya yang berada di tengah-tengah sawah. Untuk sampai ke sana kita harus berjalan kaki melewati pematang sawah yang sering becek. Jangan malu untuk bertanya kepada warga setempat karna lokasi tempat ini memang cukup tersembunyi. Warga biasanya akan meminta kita untuk ijin terlebih dulu kepada pak RT. Jika sedang beruntung, kita juga akan bertemu dengan warga yang akan mengarkan ke lokasi pemandian dengan senang hati.

Lokasi pemandiannya sendiri berada di sebuah batu berukuran besar. Di permukaan batu tersebut terdapat beberapa lubang berisi air panas karna mengandung unsur belerang. Di lubang-lubang itulah kita bisa berendam sambil menikmati suasana persawahan seraya merileks-kan badan dan pikiran. Ukuran masing-masing lubang di Gunung Peyek ini sendiri tidak terlalu besar sehingga kita mungkin harus antri jika kebetulan pengunjungnya sedang banyak.

Source wisata reservasi
Comments
Loading...