Gunung Mungker, Spot Wisata Baru di Bantul

0 20

Gunung Mungker adalah spot wisata terbaru di Jogja yang terletak di perbatasan antara Dusun Pencitrejo dan Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DIY. Destinasi wisata yang berada di kawasan Dlingo ini menyajikan suasana alam yang begitu mengagumkan, dengan view perbukitan yang terlihat menakjubkan dari atas ketinggian.

Wisata Gunung Mungker baru dibuka pada bulan Januari 2017 dan hingga saat ini masih dalam tahap pengembangan. Meski begitu, minat wisatawan untuk mengexplore keindahan Gunung Mungker tetap tinggi, terbukti dengan semakin banyaknya jumlah wisatawan yang datang ke tempat ini. Pesona Gunung Mungker memang tidak kalah epic jika dibandingkan dengan beberapa spot wisata hits lainnya yang sudah lebih dulu populer.

Di Taman Wisata Gunung Mungker, kamu bisa menatap keindahan alam perbukitan dengan view-nya yang hijau menawan secara lebih leluasa. Lalu, kamu bisa menikmati keindahan ombak di pantai selatan. Bahkan bila beruntung, kamu bisa mendapati sunrise dan sunset yang begitu eksotis di sini. Seperti daerah perbukitan lainnya, suasana alam Gunung Mungker begitu asri dengan udara sejuk di sekelilingnya,.

Membuat siapa saja yang berada di sini merasa adem betah berlama-lama. Di Gunung Mungker ini, kamu juga bisa menikmati sensasi liburan yang menguji adrenalin dengan bermain flying fox sepanjang 120 meter. Selain itu, tempat ini juga menyediakan beberapa spot foto selfie dengan konsep yang unik sehingga momen liburanmu akan semakin seru dan menyenangkan.

Harga Tiket Masuk ke Gunung Mungker

Untuk menikmati keindahan Gunung Mungker, kamu hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000/orang, lalu ongkos parkir sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil, serta Rp 20.000 untuk bus.

Rute Menuju ke Gunung Mungker

Gunung Mungker terletak di perbatasan antara Dusun Pencitrejo dan Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DIY atau sekitar 30,7 km dari pusat Kota Jogja. Untuk mencapai lokasi wisata Gunung Mungker dibutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan tergantung kecepatan kendaraan.

Dari pusat Kota Jogja, kamu bisa mengarahkan kendaraan menuju ke Bukit Bintang melalui Jalan Wonosari – sampai di perempatan Patuk ambil arah kanan menuju ke kawasan Dlingo – arah ke Puncak Pengger – ikuti pertunjuk arah atau bertanya kepada warga sekitar untuk mencapai lokasi Gunung Mungker. Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps untuk memudahkan perjalananmu.

Meskipun medan yang dilalui cukup menanjak, namun akses jalan menuju ke puncak Gunung Mungker sudah memadai sehingga kendaraan bisa dikendarai hingga ke atas melewati jalan paving block yang melingkari bukit.

Fasilitas di Gunung Mungker

Meskipun terbilang baru, namun fasilitas yang tersedia di kawasan wisata Gunung Mungker sudah cukup memadai. Di tempat ini, tersedia fasilitas standar seperti toilet, area parkir yang luas, mushola, gazebo, dan warung makan. Selain itu terdapat aula yang disewakan untuk keperluan tertentu, serta lapangan yang lazim digunakan untuk senam oleh warga setempat.

Buat yang suka narsis di media sosial, kamu tidak perlu khawatir, karena di Gunung Mungker juga tersedia beberapa spot foto keren seperti balon udara, rumah pohon dan spot unik berbentuk hati yang akan membuat foto selfiemu semakin menawan. Tersedia juga fasilitas permainan flying fox sepanjang 120 meter yang akan membuat liburanmu semakin berkesan.

Daya Tarik di Gunung Mungker

Pesona alam yang elok dan sedap dipandang menjadi daya tarik utama Gunung Mungker. Dari ketinggian Gunung Mungker, kamu bisa berburu spot keren saat sunrise di pagi hari atau menanti momen sunset yang tak kalah eksotis di kala senja. Untuk menikmati momen sunset yang sempurna, kamu bisa berkemah di tempat ini atau datang sebelum terbit fajar.

Selain menikmati sensasi sunrise maupun sunset dari atas ketinggian di kawasan Dlingo, kamu juga bisa mengexplore keindahannya secara lebih leluasa. Keindahan alam di Gunung Mungker memang luar biasa. Suasana yang begitu alami semakin terasa sejuk dengan semilir angin yang menerpa. Langit biru yang luas terbentang memberikan kesejukan tersendiri sejauh mata memandang. Udara di atas puncak Gunung Mungker yang dingin membuat hati semakin adem dan pikiran kembali fresh.

Di kawasan wisata hits ini kamu bukan hanya diajak untuk menikmati suasana dan keindahan alam saja. Kamu juga bisa mencoba permainan flying fox sepanjang 120 yang cukup memicu adrenalin, untuk mendapatkan sensasi liburan yang sedikit menantang. Fasilitas flying fox yang tersedia di tempat ini sudah dilengkapi dengan peralatan yang memadai sesuai standar keamanan dan juga operator yang sudah berpengalaman, sehingga kamu bisa mencoba permainan ini dengan lebih aman.

Beberapa fasilitas yang tersedia di Gunung Mungker sudah cukup memadai sehingga kamu bisa menikmati liburan seru dengan lebih nyaman. Kombinasi antara lingkungan alam yang cukup luas dan fasilitas yang memadai, membuat tempat wisata ini juga recommend buat acara gathering, camping maupun outbound.

Biasanya jalur outbound akan dimulai dari aula atau pendopo kemudian melewati jalur tracking yang sudah disediakan hingga sampai ke puncak bukit. Selanjutnya, kegiatan akan dilenjutkan dengan menuruni bukit menggunakan flying fox sehingga memberikan sensasi yang luar biasa seru. Meskipun suasana di siang hari cukup terik tapi kamu tidak perlu khawatir karena hawa dingin di puncak Gunung Mungker akan selalu menyejukkanmu.

Untuk menarik minat pengunjung, Taman Wisata Gunung Mungker juga mengembangkan kebun buah dengan bibit buah kelengkeng, jeruk, mangga, manggis, pisang, jambu air, rambutan dll.Rencananya taman wisata ini akan dikembangkan menjadi agrowisata sehingga momen liburan di Gunung Mungker bisa semakin lengkap. Di Taman Wisata Gunung Mungker kamu bisa mengexplore spot-spot kece untuk berfoto selfie.  Salah satu yang cukup unik adalah spot balon udara yang membuat foto liburanmu semakin keren.

Selain balon udara ada juga spot berbentuk hati di dekat tulisan Gunung Mungker yang akan menjadi bukti bahwa kamu pernah menikmati liburan seru di tempat ini. Ada juga rumah pohon yang akan mengajakmu menikmati keindahan alam dengan sedikit nuansa petualangan di dalamnya.Lokasi Taman Wisata Gunung Mungker yang berada di Kecamatan Dlingo berdekatan dengan beberapa spot wisata kekinian yang sudah populer di kalangan traveler. Seperti Kebun Buah Mangunan, Bukit Mojo, Bukit Panguk, Puncak Becici, Tebing Watu Mabur, dll. Dengan lokasi yang tidak begitu jauh, kamu bisa melengkapi liburanmu di kawasan wisata Dlingo dengan mengexplore spot-spot wisata lainnya.

Source https://nyero.id https://nyero.id/gunung-mungker-bantul/
Comments
Loading...