Warning: unlink(/tmp/d620d2e1fed11ddf30383e95ad5ba89a-MxRUhc.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Gunung Lubruk Raya

0 75

Gunung Lubruk Raya

Gunung Lubukraya adalah gunung andesit stratovolcano di Pulau Sumatera, Indonesia.Terletak di kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Kawah memiliki luas yang memanjang kearah selatan dan kubah lava terdapat di bagian selatan kaki gunung.

Gunung Lubuk Raya ini memiliki ketinggian 1812 Terletak di atas tanah Kabupaten Tapanuli Selatan diantara Kecamatan Batangtoru, Kecamatan Marancar, Kecamatan Sipirok dan Kecamatan Angkola Timur. Gunung ini merupakatif apabila disektar gunung masih terdapat leuser ataupun air panas yang keluar dari perut bumi dan leuser gunung ini terdapat di Desa Aek Nabara Kecamatan Marancar.

 

Gunung Lubuk Raya ini masih asri dan asli, kelihatan dari jauh gunung ini terlihat mulus dan inian di gunung ini akan menjumpai jurang-jurang yang sangat dalam dan air terjun-air terjun yang terjal, di gunung ini juga terdapat satu kawasan puncak yang memiliki tanaman rotan yang berduru sehingga dapat melukai para pendaki.

Gunung Lubuk Raya ini dihapit oleh dua Gunung yaitu Gunung Sibual-buali di Sipirok dan gunung Sanggarudang di Desa Tobotan Tap-Sel. Dan ada cerita yang sangat misterius tentang gunung ini memiliki telaga di puncak gunung dimana di dalam telaga ini hidup seekor ikan mas dan di sampingnya tumbuh sejenis tanaman jeruk.

Fasilitas dan Akomodasi Gunung Lubruk Raya

Untuk fasilitas dan secara resmi masih belum tersedia di kawasan Gunung Lubruk Raya, Namun jika anda membutuhkan angkutan atau rumah untuk menginap anda bisa menyewanya dari warga sekitar di kaki Gunung Lubruk Raya. Ada warung dan toko di sekitar rumah warga setempat yang menyediakan kebutuhan makanan dan minuman. Namun belum tersedia toko peralatan pendakian atau barang yang mendukung untuk aktifitas hiking. Sebelum melakukan perjalanan wisata atau pendakian ke gunung ini anda sebaiknya mempersiapkan perbekalan dan peralatan yang akan anda butuhkan selama masa pendakian di rumah atau di kota besar yang bisa menyuplai kebutuhan anda. Agar anda bisa nyaman melakukan perjalanan liburan di Gunung Lubruk Raya.

Tips Pendakian Gunung Lubruk Raya

1. Rencanakan perjalanan anda dan lebih baik bertanya kepada petugas atau warga sekitar
2. Persiapkan Fisik dan mental untuk lamanya pendakian yang akan ditempuh
3. Pelajari setiap medan dan rute yang akan ditempuh agar tidak terjadi kesalahan
4. Pempersiapkan perlengkapan yang efektif dan berdaya guna besar
5. Mengatur manajeman logistik dan bahan makanan yang mencukupi
6. Memperoleh izin dan melapor pada pos pendakian yang tersedia
7. Membawa baju hangat dan kupluk, karena pada saat malam suhu akan menurun
8. Tidak merusak alam dan menjaga lingkungan sebaik-baiknya

Source http://epictio.com http://epictio.com/tempat/gunung-lubruk-raya/
Comments
Loading...