Gunung Lokon, Kota Tomohon

0 31

Gunung Lokon

Gunung Lokon yang terletak di Kota Tomohon bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata Anda. Gunung Lokon merupakan salah satu gunung berapi paling aktif didunia sampai saat ini. Tinggi Gunung Lokon mencapai 1.580 meter di atas permukaan laut, dan merupakan gunung berapi tertinggi ke dua yang ada di Sulawesi Utara.

Karena merupakan gunung api yang masih aktif, erupsi di Gunung Lokon bisa terjadi kapan saja. Tak jarang para pendaki harus mengurungkan niat mendaki Lokon ketika statusnya sedang siaga. Jarak dari Kota Manado menuju Kota Tomohon kurang lebih 25 km. Untuk menuju ke lokasi pendakian, Anda dapat menempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Jika Anda ingin menggunakan kendaraan umum, perjalanan dapat dimulai dari Terminal Karombasan, kurang lebih 15 menit dari pusat Kota Manado. Dari Terminal Karombasan Anda bisa langsung menaiki bus menuju Kota Tomohon dengan lama perjalanan kurang lebih 1 jam. Jalan yang menanjak dan berliku-liku menambah seru cerita perjalanan Anda.

Begitu memasuki Kota Tomohon Anda akan disambut dengan hijaunya pepohonon dan dinginnya udara Kota Tomohon. Cara lainnya menuju ke Kota Tomohon yang sering dipilih oleh pendaki yaitu melakukan hitchhiking, atau biasa disebut ‘nebeng’ dalam isitilah Bahasa Indonesia. Biasanya rombongan para pendaki akan berdiri di pinggir jalan sambil mengacungkan jempol ke arah mobil yang ingin ditumpangi, seperti truk atau mobil pick up yang sedang tidak membawa muatan. Bagi mereka yang sudah sering naik gunung, mungkin sudah tidak asing lagi dengan cara ini.

Menuju lokasi pendakian dengan cara nebeng memang memberi kesan petualangan tersendiri bagi sebagian pendaki, namun hitchhiking tidak disarankan bagi Anda yang melakukan perjalanan seorang diri, terutama bagi perempuan. Sebagai salah satu gunung yang masih aktif memuntahkan abu vulkanik, area sekitar Gunung Lokon menjadi lahan yang sangat subur untuk ditanami berbagai macam sayuran, bunga dan buah-buahan. Hamparan perkebunan milik warga akan menjadi hiburan tersendiri bagi para pendaki yang tengah menyusuri kaki gunung Lokon.

Jalur Pendakian di Gunung Lokon

Gunung Lokon juga memiliki kawah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki. Jalur pendakian menuju kawah tidak terlalu sulit, para pendaki akan menemukan jalan setapak sebelum masuk menyusuri jalur lava yang berupa bebatuan padat yang besar dan bergelombang. Jarak menuju kawah Gunung Lokon kurang lebih 600 meter, ditempuh dalam waktu kurang lebih 40 menit. Begitu Anda memasuki area sekitar kawah, jalur pendakian mulai landai, dan lebih didominasi oleh bebatuan berpasir.

Aroma belerang yang mulai menyengat hidung menjadi pertanda semakin dekatnya pendaki dengan lokasi kawah. Selanjutnya Anda akan menyaksikan lebih dekat kepulan asap dari kawah Gunung Lokon, namun disarankan agar tetap menjaga jarak Anda dengan bibir kawah karena sangat berbahaya. Sebagian pendaki biasanya hanya mendaki sampai di lokasi kawah, kemudian kembali. Ada juga pendaki yang meneruskan pendakiannya hingga ke puncak Gunung Lokon. Jalur menuju puncak memang cukup menanjak, dan terdapat rumput ilalang yang masih tebal dan tinggi.

Namun jika Anda cukup tangguh untuk mencapai puncak Gunung Lokon, usaha keras Anda tak akan sia-sia. Anda akan menyaksikan keindahan panorama kota Tomohon hingga Pulau Manado Tua dan pulau-pulau kecil di sekitarnya dari atas puncak Gunung Lokon. Bila Anda hendak berkunjung ke Kota Tomohon jangan lupa untuk memasukkan Gunung Lokon kedalam list destinasi wisata yang harus Anda kunjungi. Bahkan jika Anda cukup berani, kenapa tidak mencoba mencapai Gunung Lokon dengan cara hitchhiking (nebeng) dari Manado ke Tomohon?

Source http://www.exploremanado.com http://www.exploremanado.com/jelajah-keindahan-gunung-lokon-di-tomohon/
Comments
Loading...