Gunung Kongbeng Kutai Timur

0 64

Gunung Kongbeng

Gunung Kongbeng adalah sebuah gunung batu karst yang terletak di Desa Kongbeng Indah, Kecamatan Kongbeng. Gunung ini dikelilingi oleh hutan gambut, semak belukar, pepohonan, dan perkebunan kelapa sawit. Di gunung ini juga terdapat sebuah gua yang dikenal dengan nama Gua Gunung Kongbeng. Gua yang memiliki ruang cukup luas ini merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Kutai Hindu atau Kerajaan Kutai. Dulu, gua ini pernah digunakan oleh Raja Mulawarman sebagai tempat pemujaan. Di dalam gua terdapat sejumlah patung batu atau arca peninggalan sejarah yang perkirakan berasal dari masa Pemerintahan Raja Mulawarman pada abad ke-4 Masehi.

Menurut rencana, obyek wisata ini akan dikemas menjadi obyek wisata sejarah dan budaya dengan menghidupkan kembali upacara-upacara adat yang dulu sering dilakukan oleh masyarakat di daerah tersebut. Selain itu, Disbudparporaakan bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kutai Timur untuk memperbaiki jalan menuju ke lokasi Gua Kongbeng yang selama ini sebagian masih berupa tanah.

Keistimewaan Gua Kongbeng

Keistimewaan Gua Kongbeng sudah dapat Anda temukan sejak dalam perjalanan menuju ke lokasi gua ini yang menyuguhkan pemandangan alam berhawa sejuk. Setiba di lokasi, Anda akan menyaksikan pemandangan gunung batu (Gunung Kongbeng) yang menjulang tinggi dan dikelilingi oleh pepohonan yang hijau. Anda juga akan menemukan sebuah altar berukuran 3 x 3 meter tepat di depan mulut gua dan sebuah sumur tua dengan air yang cukup jernih di bagian sisi kiri mulut gua.

Secara sepintas, Gua Gunung Kongbeng tampak menyeramkan karena memiliki bentangan yang cukup besar. Namun di balik itu, gua ini menyimpan beragam pemandangan yang mempesona. Saat masuk ke dalam gua, Anda akan menyaksikan pemandangan batangan-batangan batu kapur yang menempel di langit-langit gua dengan ujung meruncing (stalaktit) dan susunan batu kapur berbentuk kerucut yang berdiri tegak di lantai gua (stalagmit). Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan beberapa arca Hindu yang diduga merupakan peninggalan Raja Mulawarman dari Kerajaan Kutai.

Pemandangan yang tak kalah menariknya untuk disaksikan di Gua Kongbeng adalah keanekaragaman lumut yang menempel di dinding-dinding gua. Lumut-lumut tersebut terdiri dari berbagai jenis spesies dengan karakternya masing-masing. Salah satu karakter yang paling mencolok terlihat pada keanekaragaman warna, mulai dari warna hijau, abu-abu, putih, coklat, hingga hitam. Pemandangan seperti ini jarang ditemukan pada gua-gua di tempat lain yang mampu menampilkan berbagai jenis lumut. kemudian keaneka ragaman hewan penghuni goa tjuga dapat sewaktu waktu kita jumpai.

Keunikan gunung yang memiliki beberapa goa ini belum berhenti smpai disini saja, disana kita dapat memasuki berbagai jenis goa yang mempunyai nama masing masing sesuai keunikan yang ada dalam goa tersebut, seperti  Goa angin yang didalam ga tersebut slslu menghembuskan angin tanpa henti ang berasal dari dalam goa tersebut, goa patung yang didlamnya terdapat patung arca peninggalan sejarah yang memiliki nilai sejaah tinggi tentang cerita krajaan masa lampau.

Goa tikus yang didalamnya trdapat bentuk bebatuan yang menyerupai lorong tikus dan padi padikecil kesukaan para tikus. Disamping itu jika kita suka tentangan petualang yang lebih menantang lagi, kita dapat mendaki gunung tersebut dengan berjalan kaki melalui sisi sebelah kiri gunung trsebut,dari atas gunung kita bisa menyaksikan pemandangan alam yang menakjubkan yang masih asri dan sejuk yang terbentang luas mengelilingi gunung tesebut.

Lokasi Gua Kongbeng

Gua Gunung Kongbeng terletak di Desa kongbeng indah, Kecamatan Kongbeng, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur.

Akses Menuju Gua Kongbeng

Kota Sangatta, Ibukota Kabupaten Kutai Timur dapat ditempuh dari Kota Samarinda melalui jalur darat dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun empat dengan waktu tempuh sekitar 2 – 3 jam. Dari Kota Sangatta, perjalanan dilanjutkan menuju ke Kecamatan Muara Wahau dengan lama perjalanan kurang lebih 4 jam, kemudian melewati satuan pemukiman 4 penduduk yang ada di desa Sri pantun ( jalan poros), kemudian berlanjut ke lokasi Gua Kongbeng melalui satuan pemukiman 5 pantun yang ada di desa Kongbeng indah Kecmatan kongbeng kabupaten Kutai Timur, dari desa kongbeng lokasi wisata goa gunung kongbeng akan sampai sekita 15 menit perjalanan dengan kendraan, sambil menyaksikan pemandangan indah di sekitar gunung yang indah dan sejuk.

Source http://mhs.pin.or.id http://mhs.pin.or.id/kongbengindah/2016/05/27/goa-gunung-kongbeng/
Comments
Loading...