Gunung Kerinci, Gunung Berapi Tertinggi di Asia Tenggara

0 61

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci merupakan gunung berapi dengan ketinggian 3.805 mdpl yang sekaligus merupakan gunung berapi tertinggi se Asia Tenggara. Gunung api yang masih aktif ini terletak di area perbatasan provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi. Gunung ini memiliki berbagai julukan diantaranya yaitu Gunung Gadang, Korinci, Berapi Kurinci, dan Puncak Indrapura. Gunung yang termasuk dalam jenis Strato Vulcano ini  secara administrasi berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Gunung ini terakhir kali meletus pada tahun 2009.

 

Sesampainya di puncak, wisatawan akan disuguhkan dengan panorama kawah  yang begitu mempesona. Luasnya kawah yang ada di puncak Gunung Kerinci ini 400 x 120 meter persegi dengan kedalaman mencapai 600 meter. Sedangkan di sebelah utara, wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan danau Bento. Danau Bento memiliki air yang bersih dan jernih, yang seakan belum pernah tersentuh oleh tangan manusia.

Misteri Gunung Kerinci

Gunung yang memiliki view menakjubkan ini ternyata menyimpan banyak misteri. Fenomena yang sering dikaitkan dengan dengan Gunung ini yaitu keberadaan manusia pendek. Manusia pendek ini memiliki karakteristik tubuh berbulu, wajah tua, tinggi sekitar 140 cm, berjalan tegak, dan selalu membawa tombak. Misteri tersebut sudah ada sejak ratusan tahun silam. Para peneliti pun di datangkan untuk melakukan studi tentang manusia pendek tersebut. Namun, hingga kini tidak ada hasil yang ditemukan. Entah keberadaan manusia pendek tersebut memang tidak ada atau belum terdeteksi jejak nya.

Jalur Pendakian Gunung Kerinci

Gunung Kerinci merupakan salah satu gunung di Indonesia yang menjadi tempat hiking favorit bagi para pendaki. Untuk sampai ke puncak, wisatawan dapat menempuh jalur pendakian utama. Karena untuk sampai ke puncak tidak ada jalur alternatif lain yang dapat di lalui. Satu satu nya jalur pendakian yang dapat di tempuh yaitu berawal dari Desa Kersik Tuo. Lokasi Desa Kersik Tuo ini bersebelahan dengan desa Sungai Penuh, Jambi. Jalur pendakian juga cukup mudah dengan alur yang jelas.

Rumor tentang angker nya Gunung Kerinci ini tidak terlepas dari manusia pendek. Pernah suatu ketika di kabarkan seseorang warga setempat menjumpai sosok manusia pendek tersebut ketika hendak membangun sebuah jalan. Ia melihat sesosok manusia aneh tersebut sedang berada di dalam sebuah Goa. Dan seperti  yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa, makhluk tersebut adalah manusia atau makhluk halus sampai sekarang pun tidak ada yang tau. Yang jelas, makhluk inilah yang di rumorkan sebagai penyebab angker nya Gunung Kerinci.

Lokasi Gunung Kerinci

Lokasi Gunung Kerinci cukup mudah ditemukan, dimana lokasi nya berada di Desa Kersik Tuo, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Untuk sampai ke lokasi ini juga cukup mudah, dari pusat Kota Jambi anda dapat langsung menuju desa Kersik Tuo. Dan lama perjalanan yang dibutuhkan kurang lebih 3.5 jam.

Source http://www.tabloidwisata.com http://www.tabloidwisata.com/gunung-kerinci-jambi/
Comments
Loading...