Gunung Kerbau, Maluku

0 73

Gunung Kerbau

Gunung Kerbau merupakan salah satu lokasi terbaik untuk menyaksikan langsung gerombolan kerbau yang berkeliaran bebas di padang rumput. Gunung Kerbau merupakan salah satu dari dua gunung yang ada di Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku. Gunung Kerbau menjadi spesial karena penampakannya berbeda dengan gunung-gunung lainnya. Kalau biasanya gunung di Indonesia ditutupi tanaman rimbun.

Gunung Kerbau hanya ditumbuhi rumput berukuran pendek sehingga tampak sedikit gundul. Efeknya, lekukan-lekukan gunung terlihat jelas dan tegas. Pemandangan ini membuat Gunung Kerbau tampak megah dari kejauhan. Ditambah, lokasinya yang berada di tengah-tengah padang sabana sehingga membuat gunung ini terlihat mencolok.

Berkunjung ke Gunung Kerbau menjadi menarik sebab gunung ini merupakan lokasi ‘kumpul kebo’ dimana kawanan kerbau yang hidup bebas di padang sabana kerap mampir dan mencari makan di sini. Di sini kamu juga bisa merasakan sensasi bersafari layaknya di Afrika, sebab tak hanya kerbau yang berseliweran tapi juga kawanan kuda.

Jika kamu berkunjung ke sini saat musim kemarau, rumput-rumput di sabana sekitar gunung akan menguning, tanah menjadi tandus, dan kubangan-kubangan air akan kering menyisakan lumpur yang retak. Suasana ini akan menambah kesan kamu sedang berada di Afrika. Tak jauh dari padang sabana, atau tepatnya di atas Gunung Kerbau, terdapat sebuah dam buatan bernama Bendungan Liwulawan.

Bendungan ini dibangun pada tahun 1991 dan menghidupi penduduk desa yang ada di sekitar Gunung Kerbau. Wisatawan biasa mampir ke sini untuk beristirahat sambil ditemani angin pegunungan yang berhawa sejuk. Kalau tiupan angin belum cukup membuat adem, kamu bisa kok berenang-renang di air bendungan yang dingin. Tapi hati-hati, bendungan ini tergolong dalam.

Jadi kalau kamu tidak jago berenang, sebaiknya duduk-duduk santai saja di pinggir sambil menikmati pemandangan puncak Gunung Kerbau dan hamparan savana lengkap dengan kerbau yang tampak menyemut di bawah. Untuk mencapai Gunung Kerbau, kamu bisa memulai perjalanan dari Desa Tounwawan, Kecamatan Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya.

Dari desa ini, kamu akan bersafari dengan berjalan kaki selama 1,5 jam hingga tiba di bendungan yang merupakan ujung dari petualangan. Merasa kurang tertantang? Dekati saja anak-anak di desa setempat untuk mengantarkanmu dengan kuda. Mereka akan dengan senang hati menangkap kuda di padang sabana untuk kamu tunggangi.

Jangan khawatir, anak-anak di Pulau Moa mahir dalam urusan tunggang-menunggang kuda. Yang ada, kamu akan ditantang adu cepat oleh mereka! Nikmati saja, di mana lagi kamu bisa berkuda di tengah padang sabana nan luas, dengan banyak kerbau yang melintas selain di Pulau Moa?

Source https://www.wego.co.id https://www.wego.co.id/berita/menjajal-safari-di-gunung-kerbau/
Comments
Loading...