Gunung Keramaian : Wisata Alami di Kabupaten Tanah Laut

0 33

Gunung Keramaian

Gunung Keramaian yang berada di tepi ruas jalan Trans Kalimantan menuju Kota Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, terlihat kusam dan sulit dibaca. Jalan lurus beraspal menuju kaki gunung juga lengang hanya terlihat beberapa penduduk lokal tengah mengayuh sepeda membawa rumput untuk makanan ternak mereka.

Dari kejauhan Gunung Keramaian tampak begitu indah diselimuti pepohonan hijau yang lebat. Tiga buah menara antena pemancar yang berdiri menjulang di atas gunung menjadi ciri khasnya. Saat malam dari kejauhan akan tampak cahaya merah pada puncak gunung ini yang berasal dari lampu tower.

  

Gunung Keramaian, merupakan salah satu objek wisata alam di Kabupaten Tanah Laut. Gunung Keramaian berada di wilayah Desa Ujung Batu, Kecamatan Pelaihari, berjarak 58 kilometer dari Banjarmasin, ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan.

Objek wisata ini dulunya cukup ramai dikunjungi warga bahkan wisatawan luar daerah karena keindahan panorama alamnya. Puncak ini juga biasa digunakan untuk olahraga paralayang bagi pecinta terjun payung. “Dulu ramai pengunjung, sekarang sudah sepi. Jalanan ke puncak juga banyak yang rusak termasuk fasilitas wisatanya,” tutur Rohimah, warga Desa Ujung Batu, saat ditemui, baru-baru ini.

Dari kaki gunung menuju puncak Gunung Keramaian berjarak sekitar 7 kilometer dengan jalan mengitari gunung. Badan jalan yang sebagian aspalnya mulai rusak ini lebarnya hanya 2 meter, sementara di sisi jalan yang menanjak jurang membentang. Sehingga jika menggunakan mobil maka harus naik hingga ke puncak ke halaman stasiun pemancar agar mobil bisa berpaling arah.

Lebatnya pepohonan dan kondisi jalanan yang tidak terawat membuat lokasi wisata ini terkesan angker. Terlebih, warga setempat mempercayai cerita-cerita mistis di kawasan gunung tersebut. Bahkan di sekitar gunung ada dua lokasi makam keramat salah satunya Datu Nafis merupakan salah satu murid Datu Kelampaian atau Syekh Muhammad Arsyad Albanjari.

Objek wisata Gunung Keramaian ini semakin sepi ditinggal pengunjung. Selain lokasi yang lumayan jauh, cerita misteri yang membuat bulu kuduk merinding ini serta banyak bermunculan objek wisata baru dan lebih kekinian membuat tempat ini menjadi sepi. Kabupaten Tanah Laut memiliki banyak potensi wisata lainnya, di antaranya adalah Gunung Kayangan yang terletak di wilayah Desa Ambungan, Kota Pelaihari, gunung ini sebenarnya hanyalah sebuah bukit.

Namun, Gunung Kayangan merupakan ikon Kabupaten Tanah Laut di mana di puncaknya terpampang tulisan nama kabupaten seperti tulisan Hollywood di Pegunungan Santa Monica California, Amerika Serikat. Tingginya tidak terlalu tinggi sehingga jalur pendakiannya sangat mudah. Gunung Kayangan menyajikan pemandangan alam sekitarnya yang dipenuhi hamparan perkebunan dan hutan. Di seberangnya, tampak puncak Gunung Keramaian yang berdiri kokoh.

Source http://mediaindonesia.com http://mediaindonesia.com/read/detail/166135-objek-wisata-gunung-keramaian-yang-kian-sepi
Comments
Loading...