Gunung Kendalisodo, Pesona Alam Pekalongan Jateng

0 319

Gunung Kendalisodo

Gunung Kendalisodo merupakan wisata alam yang memiliki puncak dengan ketinggian mencapai 1.699 mdpl. Gunung ini terlatak di Desa Tlogohendro Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan. Untuk mencapai Desa Tlogohendro. Dari ibukota Kabupaten Pekalongan menuju kearah selatan, sampai Dusun Candi Yosorejo lalu belok menuju Desa Tlogohendro. Untuk mendaki Gunung kendalisodo, para pendaki harus mengurus perijinan di pos pendakian yang berada di dusun glidigan. Pucak Gunung Kendalisodo di kenal dengan puncak hanoman, untuk menuju puncak ini para pendaki membutuhkan waktu antara 30 menit – 1 jam perjalanan.

Ditengah perjalanan, terdapat sebuah taman yang di sebut taman tasbin yang dilengkapi dengan Gardu pandang. Shelter dan rumah pohon. Di garadu pandang ini mata anda akan dibuat takjub dengan pemandangan indah Pekalongan yang terlihat dari atas.

Para pendaki bisa beristirahat dan berfoto-foto di taman ini sebelum meneruskan perjalanan menuju puncak. Sebelum mencapai puncak kendalisodo terdapat situs pertapaan yang sampai sekarang masih digunakan oleh masyarakat untuk bertapa.

Dipuncak hanoman terdapat tugu trianggulasi yang merupakan peninggalan pada jaman belanda, serta dapat ditemui batu-batu berbentuk lempeng yang saat ini di bentuk menyerupai meja dan kursi batu seperti peninggalan zaman batu. Meja batu inilah yang menjadi ciri khas puncak hanoman gendalisodo.

Di puncak gunung Kendalisodo para pendaki bisa berkemah di area camping ground yang cukup luas yang mampu menampung sekitar 20 tenda, jika cuaca cerah para pendaki akan mendapatkan momen langka yakni pemandangan sunset dan sunrise yang luar biasa indah.

Source wisata kota pekallongan.net
Comments
Loading...