Gunung Jambangan Ikon Kotabaru dari Ekspansi Tambang

0 133

Gunung Jambangan

Kawasan Pulau Laut, Kabupaten Kotabaru, merupakan pulau berkategori pulau kecil yang memiliki potensi luar biasa di luar pertambangan jika dikembangkan. Pulau yang merupakan ibu kota kabupaten ini memiliki potensi besar di sektor pariwisata, pertanian, perikanan, kehutanan dan perkebunan.

Salah satu yang tengah dikembangkan pemerintah daerah adalah kawasan Gunung Jambangan sebagai pusat agroforestry. Gunung kecil ini merupakan ikon Kotabaru yang tengah dikembangkan sebagai destinasi pariwisata dan agroforestry.

 

Gunung Jambangan yang memiliki tinggi 4.170 meter dari permukaan laut (mdpl), terletak di Desa Sungai Pasir, Kecamatan Pulau Laut Tengah, Kotabaru. Gunung yang menjadi ikon Kabupaten Kotabaru ini, merupakan kawasan hutan lindung. Sayangnya, areal sekitar kaki Gunung Jambangan ini masuk dalam konsesi izin usaha pertambangan batu bara.

Sesuai konsep agroforestry atau wanatani kawasan Gunung Jambangan akan dikembangkan pada sektor kehutanan, pertanian, perikanan, peternakan dan wisata.

Areal hutan lindung Gunung Jambangan yang mulai tergerus akan dimanfaatkan dan dikembalikan fungsinya sebagai salah satu areal penyangga dan memberikan fungsi ekonomi kepada masyarakat sekitar kawasan hutan lindung Gunung Jambangan.

Source http://mediaindonesia.com http://mediaindonesia.com/read/detail/163445-mempertahankan-gunung-jambangan-ikon-kotabaru-dari-ekspansi-tambang
Comments
Loading...